oleh

Hanya Gara-gara Ego, Negara Ngutang 15 Triliun ke Bank Dunia

INIKATA.com – Skema yang ditawarkan oleh IMF dan Bank Dunia untuk rehabilitasi Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah ternyata dalam bentuk pinjaman.

Tawaran pinjaman sebesar Rp 15 triliun itu kini sedang dipertimbangkan oleh Kementerian Keuangan dan DPR.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menilai hal itu bisa terjadi karena sikap ego dari pemerintah yang tidak menaikkan status bencana menjadi bencana nasional.

“Itu yang saya bilang, umumkan segera sebagai bencana nasional. Itulah harga sebuah ego akhirnya kita ngutang,” ujar Fahri di Komplek DPR, Jakarta, Selasa (16/10).

Menurut dia, jika bencana Lombok dan Palu itu ditetapkan sebagai bencana nasional seperti Aceh ketika tsunami tahun 2004 lalu, maka sumbangan internasional akan mengalir.

Sudah otomatis dalam penetapan bencana nasional, sambung dia, pemerintah akan menerapkan open sky policy sehingga banyak negara dan lembaga internasional datang memberi sumbangan.

“Nah ini kan pemerintah nggak bikin open sky policy sehingga orang takut nyumbang. Karena orang takut nyumbang bahkan malah sebagian diusir akhirnya ngutang,” tandas Fahri.(RMOL/inikata)

Komentar

Topik Terkait