oleh

Jadi Rebutan, Swing Voters Penentu Kemenangan di Pilpres

INIKATA.com – Pemilih abu-abu atau swing voters menjadi rebutan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berlaga di Pilpres 2014.

Peneliti LIPI Siti Zuhro menyebut 40 persen swing voters sebagian besar berhasil diluluhkan oleh pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang kala itu memenangkan Pilpres.

“Kemenangan di Pilpres 2014 karena keberhasilan mereka dalam menggaet swing voters. Angkanya ada 40 persen, nah ini ternyata sebagian besar lari ke Pak Jokowi,” ujar Siti dalam diskusi yang digelar Perkumpulan Swing Voters (PSV) di Kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (21/10).

Siti menyebutkan kondisi tidak jauh berbeda terulang di Pilpres 2019 di mana Jokowi sebagai petahana akan kembali berhadapan dengan Prabowo Subianto. Termasuk juga soal swing voters, kata dia, ada 30 persen lebih pemilih yang belum menentukan pilihan baik terhadap Jokowi maupun Prabowo.

Hanya saja, Siti tidak mau berspekulasi soal apakah swing voters yang sebelumnya memilih Jokowi akan tetap loyal atau justru berubah pilihan nantinya.

“Nanti kita cari lagi apakah ada perubahan dukungan atau tetap pada loyalitas, ini yang belum kita tahu,” tukasnya. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait