oleh

AEK Athens vs Bayern Munchen: Ingin Jadi yang Teratas

INIKATA.com – Bayern Munchen baru saja mengakhiri periode buruk mereka dengan mengalahkan Wolfsburg. Momentum baik itu coba dilanjutkan Bayern di matchday ketiga Grup E Liga Champions.

Malam nanti, Bayern akan melawat ke Stadion Olimpiade Athena menghadapi AEK Athens. Dengan hasil seri di laga kedua kontra Ajax Amsterdam, kemenangan sangat dibutuhkan FC Hollywood, julukan Bayern untuk mengamankan posisi mereka di jalur fase knockout.

Harapan menjaga momentum baik di markas klub Yunani ini dilontarkan langsung CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge. Menurutnya, kalau ingin menjadi juara Grup E, mereka tidak boleh kehilangan angka dalam laga ini.

“Tim mengirim pesan penting. Saya harap kita melanjutkannya besok (laga kontra AEK Athens). Idealnya, kita ingin menjadi yang teratas di grup, jadi kita perlu mencoba mendapatkan tiga poin. Kita tidak bisa berpikir itu akan menjadi sebuah walkover (kemenangan mudah),” kata Rummenigge lewat twitter klub.

James Rodriguez yang mencetak gol indah ke gawang Wolfsburg punya ambisi sama. “Ada permainan yang buruk, ada permainan yang bagus. Fase buruk ini sudah hilang. Sekarang datang sesuatu yang bagus,” tegas Rodriguez di Times Now News.

Bayern akan kembali berharap pada bomber andalan mereka, Robert Lewandowski. Saat menggasak Wolfsburg, kapten timnas Polandia itu mencetak dua gol. “Kami akan bermain setiap tiga hari, tetapi ritmenya bagus dan saya berharap kami akan menang,” kata Lewandowski.

Pelatih Bayern, Niko Kovac sendiri meminta anak asuhnya tetap menghargai lawan. Bagi Kovac yang akan kehilangan Franck Ribery, mereka mesti waspada jika tak mau terpeleset lagi. “Kemenangan atas Wolfsburg hanya langkah kecil dan pertama di arah yang benar,” jelasnya.

Di kubu AEK Athens, setelah menelan dua kekalahan di laga awal, Pelatih Marinos Ouzounidis mengincar poin awal di kandang. “Saya ingin mendapatkan kecepatan untuk pertandingan hari Selasa,” kata Ouzounidis di Sport-fm.gr dikutip dari Protothema.gr.

AEK Athens kembali ke Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2006/2007 setelah mengalahkan juara Skotlandia Celtic dan klub Hungaria, Vidi di babak kualifikasi. Dan Ouzounidis ini timnya mamanfaatkan kesempatan ini dengan pertunjukan bagus, khususnya menghadapi Bayern yang jadi unggulan utama di Grup E.

“Ini merupakan tantangan besar bagi kami. Bayern adalah salah satu tim teratas di dunia dan saya mengharapkan pertandingan hebat dari tim kami. Semua yang akan bertanding harus memberikan lebih dari 100%. Lawannya sangat besar. Dan mereka memiliki pemain yang bisa memenangkan pertandingan sendiri,” ujarnya.

Prakiraan Pemain

AEK Athena (4-2-3-1): Barkas; Bakakis, Svarnas, Chygrynskiy, Hult; Andre Simoes, Galanopoulos; Bakasetas, Klonaridis, Mantalos; Ponce
Pelatih: Marinos Ouzounidis

Bayern (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Hummels, Sule, Alaba; Thiago, Martinez; Robben, Muller, James; Lewandowski
Pelatih: Niko Kovac

Head to head

Belum pernah bertemu sebelumnya

Lima pertandingan terakhir AEK Athens

20/10/18 Smirnis 0-2 AEK Athens

08/10/18 AEK Athens 1-1 Olympiakos

03/10/18 AEK Athens 2-3 Benfica

30/09/18 Crete 0-3 AEK Athens

24/09/18 PAOK 2-0 AEK Athens

Lima pertandingan terakhir Bayern Munchen

20/10/18 Wolfsburg 1-3 Bayern Munchen

06/10/18 Bayern Munchen 0-3 Gladbach

03/10/18 Bayern Munchen 1-1 Ajax Amsterdam

29/09/18 Hertha 2-0 Bayern Munchen

26/09/18 Bayern Munchen 1-1 Augsburg

DATA DAN FAKTA

Ini adalah pertemuan pertama antara AEK dan Bayern.

Bayern telah memenangkan tiga kunjungan mereka sebelumnya ke Athena.

Rekor klub Munich melawan oposisi Yunani yakni menang tujuh kali dan imbang dua kali.
Bayern tak terkalahkan dalam enam laga tandang terakhir mereka di Eropa (menang 5, imbang 1).
Thomas Müller mencetak dua gol saat Bayern menang 3-0 melawan Olympiakos pada kunjungan terakhir mereka ke Athena di babak grup Liga Champions 2015/2016.

Setelah 14 pertandingan Eropa tanpa kekalahan (menang 4, imbang 10), AEK Athens kini telah menelan kekalahan back-to-back melawan Ajax dan Benfica.
Bayern telah memenangkan Piala Eropa dan / atau Liga Champions lima kali sementara prestasi terbaik AEK Athens adalah perempat final Piala Eropa pada 1968/1969. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait