oleh

Sejumlah Parpol Mulai Serahkan Desain APK, PDI Perjuangan Pasang Foto Jokowi

MAKASSAR, INIKATA.com – Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah mulai menyerahkan desain Alat Peraga Kampanye (APK) di kota Makassar dan telah disetujui oleh KPU setempat.

APK tersebut meliputi baliho dengan ukuran 4×7 meter (paling besar) berjumlah 10 buah dan spanduk ukuran 1,5×7 meter berjumlah 16 buah.

“Desain APK-nya baru ditandatangani tadi. Jadi, setelah itu sudah siap cetak. Tapi ada 5 parpol yang desainnya belum siap. Baru 11 yang siap,” kata Andi Shaifuddin, Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Makassar, Selasa (23/10/2018).

Meski ada 5 parpol yang belum menyerahkan desain, kata dia, APK tetap bisa dicetak. Sementara, yang belum menyerahkan akan dicetak. Kemudian, karena dalam aturan tak ada yang mengharuskan jika APK harus dicetak bersamaan.

Terlihat, model desain mereka beragam. Ada yang mencantumkan visi dan misi seperti PKS, Perindo, PAN, dan Gerindra. Ada pula yang tidak, seperti PPP, PSI, dan Golkar.

Sementara untuk visual wajah, masing-masing Parpol tampak memasang wajah pengurus teras Parpol. Mulai dari ketua umum, ketua di tingkat Provinsi, ketua Kabupaten/Kota, serta sekretaris. Dua Calon presiden juga ikut mejeng. Masing-masing Prabowo Subianto di Gerindra, dan Joko Widodo di PDI Perjuangan.

“Ada partai yang melibatkan tokoh, terkait dengan citra diri. PDI P (pakai foto Joko Widodo), ada yang pakai foto pak Tri Sutrisno (mantan wakil presiden) untuk PKPI, tapi itu seizin yang bersangkutan,” sambung Andi Shaifuddin.

Selain APK yang difasilitasi oleh KPU, peserta Pemilu 2019 juga bisa mencetak APK tambahan, 5 Baliho dan 10 spanduk. Jumlah itu masing-masing akan ditempatkan di masing-masing kelurahan. Adapun desainnya, diprediksi berbeda.

“Kemungkinan besar, semua (desainnya) beda, karena sudah boleh masuk (foto) Calegnya. Tapi, atas izin partai, tetap desainnya dilapor di KPU,” pungkas Andi Shaifuddin. (Nhn)

Komentar

Topik Terkait