oleh

Bawaslu Bakal Periksa Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya

INIKATA.com – Tersangka kasus penyebar hoax, Ratna Sarumpaet (RS), akan diperiksa di Polda Metro Jaya besok.

Hal tersebut berkaitan dengan permintaan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait dirinya yang menjadi tim pemenangan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Berkaitan dengan permintaan Bawaslu, yang akan memeriksa ibu Ratna sudah dikomunikasikan dengan Krimum (Ditreskrimum) bahwa besok Bawaslu akan klarifikasi ke ibu Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (23/10) malam.

Menurut Argo, nantinya pihak Bawaslu akan menanyakan beberapa pertanyaan langsung ke Ratna Sarumpaet. Sementara terkait masa penahanan RS, sudah diperpanjang hingga 40 hari ke depan.

“Jadi, kemarin kami sudah lalukan perpanjangan penahanan selama 40 hari ya. Dari 20 hari pertama kita lakukan penahanan kemudian di perpanjang karena belum selesai,” tutup Argo.

Diketahui, Ratna Sarumpaet ditetapkan sebagai tersangka atas kabar bohong dirinya yang mengaku dipukuli oleh orang yang tidak dikenal beberapa waktu silam. RS ditangkap di bandara Soekarno Hatta pada 4 Oktober 2018, kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polda Metro Jaya.

Akibat hoax kabar penganiayaan itu, Ratna pun terancam di penjara 10 tahun. Sebab, dia dijerat Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 Juncto Pasal 45 Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektonik. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait