oleh

Temukan Sinyal CVR Black Box, Syaugi: Agak Lemah

INIKATA.com – Proses pencarian Cockpit Voice Recorder (CVR) terus dilakukan. Komponen ini dibutuhkan untuk melengkapi Flight Data Recorder (FDR) yang sudah ditemukan. Jika dua benda ini telah ditemukan, maka investigasi black box bisa berjalan lebih cepat.

Terkait itu, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) atau Badan Nasional Pencarian dan Penyelamatan (BNPP), Marsda TNI Muhammad Syaugi memberikan kabar baik. Pagi ini, sinyal CVR sudah terdeteksi, tapi kekuatannya masih lemah.

“Tadi pagi kami sudah mendengar suara ping yang satu ini (CVR, Red) walaupun agak lemah, tidak jauh dari kapal Victori,” kata Syaugi di Dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/11).

Syaugi menerangkan, dalam radar terlihat posisi CVR dalam tanda warna biru. Artinya posisinya cukup jauh. Tim SAR memperkirakan jaraknya sekitar 50 kilometer.

“Kita mendengar itu ada di buritan kiri belakang. Dari kapal kalau keliatan gambar biru itu kurang lebih jaraknya 50 kilometer,” imbuhnya.

Guna memastikan sinyal ini, tim SAR gabungan telah mengirim sejumlah penyelam untuk melihat lokasi. Diharapkan sinyal ini betul milik CVR Lion Air JT-610.

“Tim penyelam sedang berusaha mencari di tempat itu untuk bisa menemukan,” pungkas Syaugi. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait