oleh

Sejak Tahun 1995, Jerinx SID Tidak Konsumsi Daging

INIKATA.com – Di balik tubuh kekar drummer Superman Is Dead (SID), Jerinx, ternyata dia tidak mengonsumsi daging sejak tahun 1995. Walaupun, dia masih mengonsumsi keju dan meminum susu.

“Saya dari tahun 97 saya mencoba menerapkan gaya hidup peskatarian. Jadi, peskatarian itu mencoba tidak memakan daging merah, kaya kambing, sapi, kelinci dan itu juga tidak makan daging putih, unggas. Jadi, hanya makan seafood, cumi dan sebagainya, tapi masih makan keju, minum susu masih,” ujar Jerinx saat bertandang ke kantor Jawa Pos, Jakarta, Jumat (16/11).

Namun, ternyata pola makannya tersebut bukan lantaran diet atau menjaga kesehatan semata. Melainkan, ada pengalaman memilukan dari memotong hewan. Semenjak saat itu, Jerinx tidak lagi mengonsumsi daging binatang.

“Jadi, saya terapkan semenjak tahun 1997, karena waktu SMP saya ada punya trauma. Di Bali punya tradisi nampak celeng. Nampak celeng itu mengorok babi beramai-ramai. Waktu itu, SMP saya diajak tradisi itu. Saya melihat di depan saya sendiri, dan babi-babinya tu menjerit menangis. Jeritannya itu kaya jeritan manusia, dan lehernya di gorok rame-rame. Waktu itu, bikin saya trauma, susah tidur,” ungkap Jerinx.

Kemudian, lanjutnya, sewaktu duduk di bangku SMA, dia dekat dengan turis dari New Zealand yang memberitahu tentang kebiasaan hidup vegan. Mulai saat itu, Jerinx semakin bertekad untuk tidak lagi mengonsumsi daging binatang.

Namun, Jerinx menegaskan bahwa peskatarian berbeda dengan vegetarian. Sebab, peskatarian masih mengonsumsi ikan atau hidangan dengan bahan dasar seafood lainnya. (**/jpc)

Komentar

Topik Terkait