oleh

APBD 2019, Pemprov Jatim Diminta Perkuat Pengelolaan Gas Bumi Dan Pertambangan

SURABAYA, INIKATA.com – DPRD Jatim meminta pemerintah untuk memaksimalkan potensi gas bumi dan pertambangan. Hal itu untuk memberikan kontribusi dan penambahan APBD.

Anggota DPRD Jatim, Mohammad Alimin mengatakan, ada beberapa daerah di Jatim yang memiliki potensi gas bumi dan pertambangan yang dinilai sangat berpotensial untuk dikelola dan menghasilkan pendapatan bagi Jatim.

“Misalnya, di Madura yang potensi gas buminya sangat banyak. Begitu juga yang terbaru saya dapat info di Pacitan juga ada untuk pertambangannya. Hal-hal yang begini bisa digunakan untuk menambah APBD Jatim,” jelasnya di Surabaya, Selasa (4/12).

Politisi asal partai Golkar ini mengatakan dari data yang dimiliki, saat ini gas yang terkandung di perut bumi Jatim ini sekitar 4,66 Trillions of Standard Cubic Feet of gas.

Sedangkan gas yang sudah dieksploitasi sekitar 628,66 MMCFD, artinya apabila dikalkulasi dari hitungan.

Khusus untuk di Pacitan, kata Mohammad Alimin, kabupaten yang memiliki kandungan bahan tambang hingga 33 jenis.

Mulai dari mineral logam, bukan logam dan batuan, batubara, hingga radio aktif.

Sejumlah bahan tambang yaitu bentonit, feldspar, kalsit, piropilit, marmer, zeolit, batuan beku, tanah liat plastis, sirtu, batu gamping, emas, batubara, Uranium, Timah Putih, Nikel, Timah Hitam.

Dan juga, Emas, Mangan, Tembaga, Seng, Batu Gamping, Dolomit, Gibsum, Fosil Kayu, Batu Rijang/Batu Api, Kristal Kuarsa, Kalsedon/Agat, dan Jasper. (Three)

Komentar

Topik Terkait