oleh

Pemkot Surabaya Diminta Talangi Normalisasi Jalan Gubeng yang Ambles

SURABAYA, INIKATA.com – Mantan Kajati Jatim Maruli Hutagalung urun rembuk terkait penanganan pasca amblesnya Jalan Gubeng Surabaya.

Maruli mengatakan untuk pemulihan Jalan Gubeng tersebut Pemkot Surabaya terlebih dahulu bisa menalangi dana normalisasi tersebut.

Menurutnya itu demi kepentingan masyarakat luas sembari menunggu hasil penyelidikan.

”Itu sesuai dengan asas kepastian, kemanfaatan, dan keadilan hukum. Kepentingan masyarakat harus diutamakan, artinya jalan harus segera dinormalisasi,” kata Caleg DPRRI Partai NasDem ini.

Namun, pengelolaan keuangan negara juga harus tertib.

Maruli mengatakan kontraktor swasta, bisa dibebaskan dari tanggung jawab normalisasi jalan ambles tersebut jika mereka dapat membuktikan di pengadilan.

Menurutnya, kerusakan jalan itu terjadi karena bencana alam atau kesalahan pihak lain berdasar sistem pembuktian terbalik.

“Jika swasta bisa membuktikan di pengadilan bahwa amblesnya jalan terjadi karena bencana alam, maka negara, pemerintah dan pemerintah daerah, bertanggung jawab melakukan penanganan sesuai Undang-undang 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana,” tutupnya.

Sebelumnya, Jalan Gubeng ambles sepanjang 50 meter dengan kedalaman 20 meter pada Selasa malam (18/12).

Jalan yang ambles terletak tepat di samping proyek pembangunan basement Rumah Sakit Siloam yang dikerjakan kontraktor PT NKE. (tri)

Komentar

Topik Terkait