oleh

Isu 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos, KPU: Itu Hoax

INIKATA.com Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) langsung bergerak melakukan pengecekan ke Tanjung Priok. Itu terkaita adanya isu surat suara Pilpres 2019 sebanyak tujuh kontainer yang telah tercoblos.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya tidak menemukan adanya tujuh kontainer surat suara pilpres 2019 yang kabarnya sudah dicoblos itu. Karena dirinya mendapatkan rekaman suara yang beredar lewat pesan Whats App (WA) soal jutaan isu surat suara yang sudah tercoblos.

“Terkait dengan ada tujuh kontainer ‎dari Tiongkok yang dikabarkan dalamnya berisi masing-masing 10 juta surat suara, dan katanya satu sudah di buka dan ketahuan sudah ada coblosannya untuk nomor 01. Dan disampaikan katanya sudah disita oleh KPU. Kemudian temuan pertamnya katanya juga dilakukan oleh salah satu marinir dari TNI AL seperti info yang beredar itu tidak benar,” ujar Arief Budiman di Kantor Bea Cukai, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (3/1) dini hari.

“Hari ini kami memastikan berdasarkan berita yang beredar ke Bea Cukai tidak ada berita tentang 7 kontainer tersebut itu tidak benar alias hoax,” tambahnya.

Arief juga menegaskan, pihaknya tidak menyita satu pun kontainer tersebut‎. Sebab semua kabar yang beredar adalah hoaks. Sehingga ini adalah tuduhan serius bagi KPU.

“Tidak ada juga kabar yang mengatakan ada TNI AL yang menemukan itu.Dan tidak benar bahwa dikatakan telah menyita satu kontener itu. Jadi semua itu bohong,” katanya.

Lebih lanjut, Arief mengaku pihaknya sudah mendapatkan informasi tersebut bersama dengan para Komisioner KPU pada sore tadi. Namun dia memastikan info yang berseliweran tersebut adalah tidak benar.

‎”Yang jelas Magrib tadi ya mulai gencar, sebetulnya sebelum Magrib info itu sudah beredar tapi kami dapat orang per orang,” pungkasnya. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait