oleh

Demonstrasi Rompi Kuning Makin Menggila

-Eropa-181 views

INIKATA.com Pengunjuk rasa rompi kuning bentrok dengan polisi di beberapa kota di Perancis akhir pekan kemarin (Sabtu, 5/1). Mereka bahkan merusak pintu di kompleks kementerian di pusat ibukota Paris.

Seorang juru bicara pemerintah, Benjamin Griveaux, mengatakan bahwa pengunjuk rasa melakukan pembobolan pintu kayu besar di komplek tersebut.

Dia menekankan bahwa pemerintah mengecam insiden itu dan menilainya sebagai serangan yang tidak dapat diterima oleh Perancis.
“Beberapa pemrotes rompi kuning dan orang-orang lain yang berpakaian hitam, membawa sebuah kendaraan konstruksi yang ada di jalan di dekatnya dan menghancurkan pintu masuk kementerian,” katanya kepada kantor berita AFP.

Mereka memasuki halaman komplek di mana mereka menghancurkan dua mobil, memecahkan beberapa jendela dan kemudian melarikan diri. Griveaux menambahkan, polisi berusaha mengidentifikasi mereka dari rekaman keamanan.

Menurut keterangan Kementerian Dalam Negeri Perancis, jumlah pengunjuk rasa yang turun ke jalan-jalan di Perancis sebanyak 50 ribu orang.

Presiden Prancis Emmanuel Macron tidak secara khusus merujuk pada insiden tersebut, namun membuat cuitan di akun Twitternya yang menyebut bahwa dia mengecam kekerasan ekstrem terhadap Perancis, wali, perwakilannya dan simbol-simbolnya.

Sejauh ini, polisi telah menangkap 35 orang untuk investigasi lebih lanjut. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait