oleh

Kalahkan Filipina, Tiongkok Tembus 16 Besar Piala Asia 2019

INIKATA.com – Tiongkok memastikan tiket 16 Besar Piala Asia 2019. Pada matchday kedua Grup C di Mohammad Bin Zayed Stadium, Abu Dhabi, Jumat (11/1) malam WIB, tim asuhan Marcelo Lippi itu menang telak 3-0 atas Filipina.

Team Dragon tampil lebih efektif saat menyerang ketimbang Filipina. Statistik ESPN mencatat, Tiongkok unggul posession 55 berbanding 45 persen milik skuat racikan Sven Goran Eriksson.

Untuk urusan shots on goal, Tiongkok punya 14 shots, tujuh di antaranya on goal. Sementara Filipina empat shots, cuma satu on goal.

Gol Tiongkok lahir dari dua tembakan spektakuler Wu Lei di menit ke-40 dan menit ke-66. Satu lagi dari sundulan Yu Dabao di menit ke-80.

Dengan hasil ini, Tiongkok mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Apa pun hasil di matchday pemungkas Grup C Piala Asia 2019 melawan Korea Selatan pada 16 Januari nanti, Wu Lei cs tetap berhak lolos.

Ini adalah kedua kalinya Tiongkok lolos ke fase knock out setelah Piala Asia di Australia 2015 (sampai perempat final).

Prestasi terbaik Negeri Panda di Piala Asia baru sebatas runner-up yakni pada 1984 dan 2004.

Sementara Azkals, sebutan lain timnas Filipina butuh keajaiban menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik untuk lolos ke 16 Besar Piala Asia 2019. Di ajang Piala Asia, inilah debut pertama mereka. (Inikata/jpnn)

Komentar

Topik Terkait