oleh

Dipengaruhi Kebijakan Trump, Norwegia Pertimbangkan Tolak Huawei

INIKATA.com – Norwegia ikut-ikutan menolak upaya pabrikan handpone Huawei, membangun jaringan telepon seluler 5G di wilayahnya.

Sejauh ini, Huawei memang gencar menjadi salah satu pemasok utama perangkat telekomunikasi di pelbagai negara, selain Nokia dan Ericsson.

Seruan Amerika Serikat menghalau langkah laju Huawei di industri telekomunikasi dunia tidak lepas dari alasan keamanan. Perusahaan telekomunikasi Cina itu dianggap telah melakukan usaha mata-mata yang dimanfaatkan pemerintah Tiongkok.

Tekanan AS jelas membuat kesulitan Huawei dalam mengamankan kontrak tersebut di beberapa negara karena alasan tersebut.

Saat ini, Norwegia secara serius mempertimbangkan pilihan menghilangkan kontrak kerja sama dengan Huawei dalam penyebaran infrastruktur 5G mereka.

“Kami ingin memiliki ini sebelum membangun putaran berikutnya dari jaringan telekomunikasi. Pemerintah, akan mengikuti langkah-langkah yang diambil di negara-negara lain termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Tentunya jika Huawei dinyatakan bersalah atas tuduhan tersebut,” kata Menteri Kehakiman Norwegia, Tor Mikkel Wara seperti dilansir JPNN dari Reuters. (JPNN/Inikata)

Komentar