oleh

Ini 4 Keunggulan Samsung Galaxy M yang Bikin Kamu Ngiler

INIKATA.com Samsung resmi telah meluncurkan line-up smartphone teranyarnya, Galaxy M, di pasar India. Ia adalah Galaxy M10 dan Galaxy M20. Selanjutnya, pasar Indonesia diprediksi bakal turut kedatangan perangkat ekonomis tersebut.

Beragam pemberitaan ihwal perangkat terbaru Samsung itu kini tidak ada lagi yang tertutupi. Informasi soal desain, spesifikasi, dan harga semua telah terjawab. Sebelum hadir di Indonesia yang mungkin tidak lama lagi, berikut JawaPos.com berikan rangkuman keunggulan perangkat Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20 yang bakal bikin konsumen ngiler. Bahkan bisa mengalihkan perhatiannya kembali ke Samsung yang selama ini kalah dari vendor Tiongkok di segmen low-end.

Ini 4 Keunggulan Samsung Galaxy M yang Bikin Kamu Ngiler

1. Desain Segar dan Kekinian

Dari aspek pertama, yang ingin kami jelaskan adalah bahwa perangkat terbaru Samsung itu kini tampil lebih segar dan kekinian. Hal ini terlihat baik dari bagian depan di area layar hingga bagian ke bagian belakangnya. Samsung belakangan memang tampak berbenah untuk urusan desain di kelas menengah ke bawahnya.

Dari aspek desain, Samsung Galaxy M10 dan Galaxy M20 hadir ke pasaran dengan desain yang lebih kece. Pada bagian depan ada layar kekinian dengan notch berbentuk huruf ‘V’ yang dinamai oleh Samsung sebagai layar Infinity-V. Layar dengan notch atau takik sebelumnya tidak wajar digunakan Samsung. Hal tersebut berlaku ketika iPhone X populer dengan notch yang kemudian diikuti oleh banyak vendor lainnya.

Hadirnya layar dengan notch membuat Samsung Galaxy M Series tampak lebih lega di bagian layar. Selain itu jelas, produk Samsung kini tampil lebih segar dan mulai serius mengikuti tren dan keinginan pasar. Pada bagian belakang pun demikian, casing berkilauan mulai dikenakan vendor asal Korea Selatan (Korsel) itu.

2. Performa High-end dengan Harga Low-end

Keunggulan kedua yang ada pada line-up Galaxy M yakni Galaxy M10 dan Galaxy M20 adalah performanya. Menurut kami, perangkat tersebut kini hadir dengan performa high-end dengan harga low-end. Mengapa? Hal tersebut berlaku ketika membandingkan dengan perangkat yang sama yang lahir lebih dulu, yakni Galaxy J, Galaxy C, dan Galaxy On. Ketiga tipe tersebut kini dilebur dan jadilah Galaxy M.

Jika membandingkan dengan ketiga perangkat di atas, maka performa Samsung Galaxy M tentu lebih andal. Ketiga perangkat terdahulu telah terbukti tak mampu bersaing dengan kompetitor dari Tiongkok termasuk Xiaomi yang lebih berani menjual murah perangkatnya dengan spesifikasi yang berada di atas Samsung. Namun dengan Galaxy M, Samsung kini pede bersebelahan dengan Xiaomi atau rival Tiongkok lainnya dengan tawaran harga sama murah dan spesifikasi yang sama pula.

Samsung Galaxy M10 dan M20 menawarkan performa yang cukup bersaing di kelasnya. Seri Galaxy M20 tampak cukup menonjol berkat chipset baru Exynos 7904 octa-core 1,8 GHz dengan RAM 3 GB atau 4 GB. Performa grafisnya cukup memadai untuk kebutuhan game dengan GPU Mali-G71 MP2.

Sementara untuk Samsung Galaxy M10, untuk aspek spesifikasi juga terbilang menarik di kelasnya. Perangkat tersebut ditenagai dengan dukungan chipset Exynos 7870 octa-core 1,6 GHz dengan RAM 2 GB atau 3 GB. Performa grafisnya juga cukup memadai untuk bermain game dengan GPU Mali-T830 MP1.

Masih dari aspek performa, salah satu varian yakni Galaxy M20 malahan hadir dengan baterai gambot, yakni 5.000 mAh dengan dukungan USB Type-C. Sejauh ini diketahui tidak banyak smartphone sekelas yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas sebesar itu. Sedangkan Galaxy M10 menawarkan kapasitas baterai yang lebih kecil, yakni 3.400 mAh. Meski tidak sebesar Galaxy M20, kedua perangkat tersebut tetap unggul dengan kemampuan pengisian daya cepat alias fast charging.

3. Kamera Mumpuni

Aspek keunggulan ketiga adalah kamera. Ukuran kamera perangkat yang bersangkutan memang biasa saja, yakni 13 MP dan 5 MP untuk Galaxy M10 dan Galaxy M20 di bagian kamera utama. Sementara pada bagian kamera selfie, Samsung Galaxy M10 dibekali kamera 5 MP dan Galaxy M20 sebesar 8 MP.

Keunggulan yang kami maksud di sini adalah kemampuan kedua perangkat menjepret gambar dengan sudut lebar alias wide-angle. Lensa wide-angle terletak di kamera sekunder berukuran 5 MP pada kedua perangkat tersebut. Wide-angle sebagaimana diketahui memang memiliki kemampuan mengambil sudut gambar lebih luas dari lensa biasa. Di beberapa tipe dan merek smartphone, wide-angle menjadi salah satu nilai jual utama di sektor kamera.

4. Harga Murah

Sampai kepada aspek keunggulan terakhir, kedua handset Samsung itu membawa keunggulan di sektor harga yang kompetitif. Jelas, tujuannya saja ingin head to head dengan smartphone murah lainnya. Urusan kantong, Samsung Galaxy M10 di India dibanderol mulai dari INR 7.990 atau setara dengan Rp 1,58 jutaan untuk varian RAM/ROM 2/16 GB, sedangkan model penyimpanan 3/32 GB dihargai dengan INR 8,990 atau setara dengan Rp 1,77 jutaan.

Sementara untuk Samsung Galaxy M20, varian tersebut dibanderol mulai harga INR 10.990 atau setara dengan Rp 2,1 jutaan untuk konfigurasi penyimpanan RAM/ROM 3/32 GB, sedangkan versi penyimpanan 4/64 GB akan dijual dengan harga INR 12.990 atau setara dengan Rp 2,57 jutaan. Bagaimana? Tertarik menunggu kehadiran Samsung Galaxy M di Indonesia? Kita nantikan saja. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait