oleh

3.750 Pasukan Tambahan Dikirim Amerika Serikat ke Perbatasan Meksiko

INIKATA.com – Pentagon mengirim 3.750 pasukan tambahan Amerika Serikat (AS) ke perbatasan Meksiko. Menurut Kementerian Luar Negeri AS, penempatan itu akan meningkatkan jumlah pasukan aktif, yang sekarang berjumlah total 4.350.

Presiden AS Donald Trump menggambarkan situasi di perbatasan sebagai krisis. Dia akan berbicara tentang imigrasi dan usulannya tentang tembok perbatasan Meksiko-AS pada pidato tahunannya pada Selasa (5/2).

Sebelumnya, permintaan Trump untuk mencairkan dana bagi pembangunan tembok di perbatasan Meksiko-AS ditolak DPR AS. Ini menyebabkan Trump menutup layanan pemerintah federal selama 35 hari atau shutdown. Namun shutdown berakhir pada 25 Januari 2019.

Jika DPR tidak dapat mencapai kesepakatan mengenai situasi keamanan perbatasan pada 15 Februari, Trump telah mengancam akan melakukan shutdown lagi atau menyatakan darurat nasional untuk mendapatkan anggaran bagi temboknya.

Pentagon pertama kali menyetujui penyebaran pasukan AS ke perbatasan Meksiko pada Oktober, sebelum pemilihan Kongres AS pada November. Langkah ini dianut oleh para pendukung Trump, termasuk sesama orang Republik di Kongres. Para kritikus menyebut penyebaran pasukan itu sebagai aksi politik.

Pentagon mengatakan, militer AS akan mengoperasikan kamera pengintai bergerak di Arizona, California, New Mexico, dan Texas, sebuah misi yang dijadwalkan akan berjalan hingga 30 September. Beberapa pasukan tambahan juga akan merangkai kawat berduri sepanjang 240 km lebih.

Plt Menteri Pertahanan Patrick Shanahan menyetujui pengerahan pasukan pada 11 Januari. Namun angkanya belum juga diungkapkan sampai perwakilan Demokrat, A. Smith, Ketua Komite Angkatan Bersenjata DPR mengatakan pasukan tambahan sedang dikirim. (inikata/jpc)

Komentar

Topik Terkait