oleh

200 Lembaga Advokasi Muslim Akan Kawal Proses Persidangan Habib Bahar

INIKATA.com Habib Bahar bin Smith bakal menghadapi proses pengadilan. Sebab, berkas perkara penganiayaan yang menyeret dirinya dinyatakan lengkap alias P21.

Mengetahui hal itu, Ketua Media Center Persaudaraan Alumni (PA) 212) Novel Bamukmin berharap agar proses hukum terhadap Bahar cepat diselesaikan. “Artinya dua bulan ini sudah harus selesai (persidangan),” ujarnya di gedung Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta, Senin (4/2).

Novel pun mengatakan, PA 212 akan mengawal proses tersebut. Berbagai lembaga advokasi muslim direncanakan akan hadir mengikuti persidangan. “Total mungkin ada 200-an,” tegas dia.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi mengatakan berkas perkara Bahar bin Smith sudah dinyatakan P21 dan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Cibinong. “Kita sudah tahap dua untuk penyerahan berkas, barang bukti dan tersangka,” kata dia.

Adapun Bahar ditersangkakan bersama dua rekannya MAB (31), dan AY (31) melakukan penganiayaan terhadap CAJ (18) dan MKU (17) pada 1 Desember 2018 lalu. Penganiayaan yang berujung pada luka-luka tersebut terjadi di Pondok Pesantren Tajul Alawiyin, Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Terdapat beberapa pasal yang diterapkan kepada pelak. Diantaranya Pasal 170 KUHP, Pasal 351 KUHP, Pasal 333 KUHP, Pasal 55 Ayat (1) KUHP, dan Pasal 80 UU Tahun 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman Pidana Maksimal diatas 5 Tahun Penjara.

(Inikata/Fajar)

Komentar

Topik Terkait