oleh

Perancis dan Jerman Sepakat Ciptakan Jet Tempur Terbaik Dunia

INIKATA.com Perancis dan Jerman mengumumkan kontrak senilai 65 juta euro untuk program bersama merancang sistem jet tempur generasi berikutnya pada Rabu (6/2).

Kontrak itu akan dibiayai sama oleh kedua negara selama dua tahun ke depan dan dijalankan oleh Dassault Aviation dan Airbus. Keduanya akan membangun sistem yang diharapkan akan beroperasi mulai tahun 2040 dengan maksud untuk mengganti Dassault’s Rafale dan Eurofighters Jerman.

“Kontrak ini dipercayakan kepada Airbus dan Dassault yang merupakan kontraktor utama dari sistem ambisius ini,” kata Menteri Angkatan Bersenjata Perancis Florence Parly

“Kontrak ini adalah batu bata pertama dari bangunan yang luar biasa,” sambungnya, seperti dimuat Reuters.

Pemerintah Perancis dan Jerman memberikan perusahaan-perusahaan yang terlibat kontrak tambahan untuk memajukan teknologi dan berupaya untuk membuat demonstrasi penerbangan pertama pada tahun 2025.

Ini adalah lankah lanjutan setelah sebelumnya Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel pertama kali mengumumkan rencana pada Juli 2017 untuk Future Air Combat Air System (FCAS) yang baru, yang akan mencakup jet tempur dan sejumlah senjata terkait, termasuk drone.

Setelah hampir dua tahun pekerjaan persiapan oleh perusahaan yang terlibat, perjanjian dan penandatanganan kontrak hari Rabu akan membuka jalan bagi program untuk memulai dengan sungguh-sungguh. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait