oleh

Spanduk “Golkar Prabowo” Bakal Diusut Bawaslu

INIKATA.com – Spanduk partai Golongan Karya (Golkar) bertuliskan Golkar Prabowo, menyita perhatian masyarakat Kota Pekanbaru, Riau. Betapa tidak, sebab diketahui bahwa partai berlambang pohon beringin itu mendukung Joko Widodo di Pilpres 2019.

Terkait spanduk ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau mengaku baru mengetahuinya. “Baru dapat info nih. Nanti kita minta klarifikasi dulu ke Golkarnya, benar gak mereka yang pasang,” kata Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Riau Gema Wahyu Adinata, Minggu (10/2) malam.

Seharusnya kata Gema, spanduk tersebut tidak boleh dipasang. Sebab, akan memicu hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat mengganggu ketertiban jelang pesta demokrasi.

Maka dari itu, Bawaslu Riau akan mengambil langkah dengan meminta klarifikasi dari partai Golkar terlebih dahulu. “Secepatnya (akan dipanggil). By phone atau bersurat saja bisa,” sebutnya.

Jika nanti masih ditemukan spanduk-spanduk tersebut bertebaran, tentunya Bawaslu Riau akan melakukan penertiban. “Soal APK (alat peraga kampanye), jika kontennya tidak sara, ujaran kebencian dan fitnah maka sanksinya hanya penertiban,” kata dia.

Sebelumnya, spanduk partai Golongan Karya (Golkar) yang bertuliskan Golkar Prabowo ditemukan di beberapa tempat di Kota Pekanbaru, Riau. Itu berdasarkan hasil penyisiran dan penyelidikan dari Golkar Riau.

Penjelasan Golkar

Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Sumatra 3-DPP Partai Golkar Idris Laena mengatakan, setelah mendapatkan kabar spanduk tersebut terpasang di Kecamatan Senapelan, pihaknya langsung melakukan penyisiran dan penyelidikan.

Hasilnya, Idris memastikan bahwa, spanduk itu bukan dipasang oleh kader partai. Selain itu, spanduk tersebut juga sudah dicopot.

Seperti diketahui, partai berlambang pohon beringin itu sudah menyatakan diri untuk mendukung Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, dalam Pemilu di bulan April mendatang.

Itu keputusan yang diambil dalam Rapimnas Partai Golkar dan di perkuat oleh keputusan Munas DPP Partai Golkar. “Karena itu, mendukung pasangan nomor 01 wajib bagi seluruh kader Partai Golkar, jika ada yang mendukung calon lain, akan diberi sanksi organisasi,” tegas Idris.

Tentunya, dengan munculnya spanduk bertuliskan ‘Golkar Prabowo’, yang dipasang di daerah Kecamatan Senapelan ini membuat heboh. Bukan hanya internal partai saja, ini juga menarik perhatian masyarakat.

Spanduk bertuliskan Golkar Prabowo tersebut berlatar warna kuning dan terpampang foto Prabowo mengenakan jas dan berpeci, juga berlambang Golkar. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait