oleh

Kang Emil Berencana Bikin Taman Dilan 1990

INIKATA.com – Film Dilan 1990 begitu dikenal di masyarakat Indonesia. Tahun ini sekuel filmnya dengan judul Dilan 1991 pun akan kembali tayang di bioskop. Lantaran sebagian besar syuting film Dilan 1991 berada di Bandung, menginpirasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk membuat sebuah taman. Bahkan taman akan dinamakan dengan tokoh utama film tersebut yakni Taman Dilan di Bandung.

“Berita baiknya tahun ini Insya Allah kami akan mengabadikan legenda Dilan dengan (hadirnya) Taman Dilan di Bandung,” kata Kang Emil sapannya saat para pemain Dilan 1991 mengunjungi rumah dinasnya, di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (10/2).

Taman Dilan ini baru sekedar obrolan, mengenai desain dan lainnya belum ditentukan. Hanya saja gambarannya, taman tersebut akan dihias dengan mural, tulisan puisi Ayah Pidi Baiq, yang berkaitan dengan film Dilan ini.

“Lokasinya di GOR Saparua dekat lapangan basket. Jaraknya 200 meter dari Kafe The Panas Dalam juga dekat SMA 20,” ujarnya.

Soal Taman Dilan ini merupakan sebagai apresiasi, karena latar dan suasana dalam film Dilan begitu khas dengan Bandung pada zamannya. Baik suasana, gedung, dan jalan-jalan di Bandung jadi semakin terkenal di publik.

“Visinya pariwisata. Karena sekarang pariwisata bisa dilihat dari budaya, kegiatan, objek arsitektur seperti gedung, monumen, dan lainnya,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah mendukung film-film Indonesia yang mengangkat nama Bandung atau Jawa Barat. Karena itu dinilai sebagai strategi marketing untuk mengenalkan dan mendatangkan wisatawan ke Jawa Barat.

“Jadi motivasinya pariwisata dan memanfaatkan budaya kontemporer,” pungkasnya. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait