oleh

Terkait Aktivitas Gunung Karangetang, Sungai jadi Jalur Aliran Guguran Lava

INIKATA.com Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memantau aktivitas Gunung Karangetang, Sulawesi Utara. Hasil pemantauan menunjukkan beberapa sungai menjadi jalur aliran guguran lava.

Sungai-sungai yang berpotensi menjadi jalur aliran lava dan guguran dari Kawah Dua antara lain Sungai Melebuhe, Batuare, Batukole, Saboang, Niambangeng, Sumpihi, Kiawang, Kinal dan Kawahang.

Sementara itu, awan panas, guguran material, maupun aliran lava saat ini masih mengarah ke Sungai Melebuhe. Namun, alirannya berpotensi untuk berubah menuju ke Kali Batukore dan Batuare, serta Saboang.

“Volume material vulkanik dapat berpotensi menjadi lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di Kawah Dua dan Kawah Utama,” ujar Kapusdatinmas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan hasil pantauan PVMBG, Senin (11/2).

Lebih lanjut, untuk menghadapi aktivitas vulkanik yang masih terus berlangsung, PVMBG juga merekomendasikan kepada warga untuk menyiapkan masker penutup hidung dan mulut. “Guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu,” katanya.

Adapun Gunung Karangetang yang berjarak 146 kilometer dari Kota Manado itu berstatus level III (Siaga) sejak 20 Desember 2018 lalu. PVMBG melaporkan bahwa hingga kini kegempaan (vulkanik) masih fluktuatif. PVMBG menetapkan zona bahaya meliputi radius 2,5 kilometer dari puncak kawah. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait