oleh

Kekecewaan Polda Atas Vonis Bebas Bandar Narkoba Oleh Pengadilan

MAKASSAR, INIKATA.com – Polda Sulsel dalam hal ini Direktorat Reserse Narkoba, kecewa atas vonis bebas bandar narkoba 3,5 Kg, Syamsul Rijal alias Rijal alias Kijang bin Abdul Hamid yang dilakukan oleh majelis hakim.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel, Kombes Hermawan mengatakan, pelaku merupakan DPO yang berhasil ditangkap di Sungai Nyamuk, Kalimantan beberapa waktu lalu. DPO terhadap pelaku itu sudah lama.

Setelah berhasil ditangkap, penyidik kemudian melakukan gelar perkara yang dihadiri oleh Propam dan Paminal.

Hasilnya, kasus tersebut terbukti dan berkasnya berhasil di P-21 oleh penyidik dengan kejaksaan.

“Waktu P-21, barang buktinya 3,5 Kg. Pasal yang disangkakan pasal 112 dan 114. Pastilah ada rasa kecewa. Apalagi tersangka itu jaringan. Tapi saat ini masih dilakukan upaya lain oleh jaksa, ” ucap Hermawan saat ditemui di Mapolrestabes Makassar, Selasa (12/2/19).

Diketahui, putusan bebas dari dakwaan terhadap Kijang tersebut dikeluarkan majelis hakim pada Selasa, 8 Januari 2019 lalu.Selain dinyatakan bebas dari dakwaan, Kijang juga diduga kuat telah dibebaskan dari tahanan usai putusan tersebut.

Sejumlah haknya pun dalam putusan hakim diminta dikembalikan serta biaya Pengadilan dibebankan ke negara.Vonis bebas terhadap Kijang cukup mengherankan. Pasalnya, sejak 2016 silam Kijang telah DPO oleh Polres Pinrang atas kasus narkoba.

Penetapan Kijang sebagai DPO bermula saat sejumlah tersangka narkoba yang ditangkap Polres Pinrang 2016 lalu menunjuk narkobanya berasal dari Kijang.Kijang pun dibekuk oleh Reserse Narkoba Polda Sulsel di Pulau Sungai Nyamuk, Desa Bambanga, Kecamatan Sabati, Nunukan, Kalimtan Utara pada 20 Mei 2018 lalu. (upeks/inikata)

Komentar

Topik Terkait