oleh

Terbukti Melanggar Pemilu, Mandala Shoji Dicoret Dari Daftar Caleg

INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta kepada KPPS untuk menghapus nama Mandala Shoji dari daftar Calon legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan 2 DKI Jakarta nomor urut 5. Sebab, politisi asal PAN itu sudah divonis melakukan tindak pidana Pemilu dan putusan tersebut sudah bersifat inkrach.

Anggota KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos mengatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan KPPS di dapil nama Mandala untuk dicoret dari daftar calon tetap (DCT).

“Nanti kami mengomunikasikan kepada semua KPPS yang ada di dapil tersebut agar di TPS nama Mandala dicoret dari DCT-nya,” kata dia di Markas Polda Metro Jaya, Selasa (12/2).

Diketahui, nama Mandala sudah tertera dalam DCT pada 20 September 2018 lalu. Sementara pencetakan DCT sudah dilakukan. Sehingga, nama Mandala harus dicoret karena sudah tidak boleh dipilih.

Betty menyampaikan, sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku, maka daftar nama caleg harus dihapus. Pihaknya pun masih dikomunikasikan dengan KPU RI.

“Masih dikombinasikan dengan KPU DKI dan KPU RI. Kami akan coret berdasarkan surat keputusan dari KPU,” kata dia.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sudah memutuskan bahwa Mandala melanggar aturan Pemilu. Dia terbukti membagi-bagikan kupon umroh saat kampanye. Kemudian, hakim memutuskan vonis tiga bulan penjara dengan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

Setelah dijatuhi vonis, Mandala mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Akan tetapi, pihak Pengadilan Tinggi menolak upaya banding. Akhirnya, Mandala Shoji resmi ditetapkan sebagai terpidana kasus pelanggaran pemilu.

Caleg asal PAN itu sudah ditahan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Februari 2019. (inikata/jawapos)

Komentar

Topik Terkait