oleh

Jika Pileg Dilakukan Hari Ini, LSI Pastikan PDIP Sebagai Pemenang

INIKATA.com Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP memenangkan Pemilihan Legislatif alias Pileg 2019, berdasar survei Lingkaran Survei Indonesia atau LSI Denny JA.

Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu meraih elektabilitas 23,7 persen.

“Jika pemilu dilaksanakan pada hari ini, maka yang akan menjadi juara pemilu legislatif adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan perolehan suara 23,7 persen,” kata Rully, Rabu (20/2), di Jakarta.

PDIP unggul jauh atas pesaing terdekatnya, Partai Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto itu memperoleh 14,6 persen. Posisi berikutnya adalah Partai Golkar 11,3 persen, Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB 8,2 persen dan Partai Demokrat 5,4 persen. “Partai lainnya, masih di bawah lima persen,” tegas Rully.

Dia memerinci Partai Nasdem 4,5 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 4,0 persen, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebesar 3,6 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 3,5 persrn, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1,5 persen.

Partai peserta Pemilu 2019 lainnya yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya, Partai Bulang Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Indonesia (PKPI) angka dukungan masih di bawah satu persen. “Yang menyatakan tidak tahu, tidak jawab atau belum memutuskan di angka 18,4 persen.

Hasil tracking survei per bulan LSI Denny JA selama enam bulan atau Agustus 2018-Januari 2019 memperlihatkan keunggulan PDIP.

Rully menjelaskan, PDIP stabil memimpin dengan selisih sekitar 10 persen dibandingkan partai rangking kedua yaitu Partai Gerindra. Nasdem memimpin partai lama di luar lima besar (PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat). Di partai lama ini ada Nasdem, PKS, PPP, PAN, HANURA, PBB, dan PKPI. Untuk partai baru atau yang baru ikut pemilu, Perindo memimpin dan mulai menanjak. Di partai baru ini ada Perindo, Garuda, Berkarya, dan PSI.

Survei dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia 18 – 25 Januari 2019 menggunakan 1200 responden.  (Inikata/Jpnn)

Komentar

Topik Terkait