oleh

Jokowi Bagi Sertifikat, Prabowo Kuasai Lahan

INIKATA.com – Pernyataan Jokowi saat menegaskan fakta bahwa Prabowo menguasai lahan masih menjadi sorotan, Rabu (20/2/2019)

Menurut Elite Pengurus DPP Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Viktor S Sirait, apa yang dilakukan Prabowo kebalikan dengan Jokowi.

Pasalnya, capres petahana itu justru telah membagi-bagikan lahan konsesi hutan seluas 2,6 juta hektar kepada rakyat. Bukan malah menguasainya.

“Jokowi telah membagi lahan konsesi hutan sekitar 2,6 juta hektar, dibagi per orang 2 hektar,” ujar Viktor dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Sementara, lanjut Viktor, Prabowo telah mendapatkan 340.000 hektar konsesi hutan, 220.000 hektar di Kaltim dan 120.000 di Aceh Tengah.

“Jika ini dibagi ke masyarakat maka akan ada 170.000 masyarakat yang mendapatkan tanan dengan masa pakai 35-50 tahun,” ujarnya.

Viktor memberikan catatan, lahan konsesi yang diberikan Jokowi kepada masyarakat ini adalah lahan hutan yang masa konsesinya habis, ijinnya ditarik dan alasan yang lain.

Sementara itu sebelumnya, Fadli Zon menilai penguasaan Prabowo atas lahan tersebut adalah tindakan pahlawan.

Dia menjelaskan, saat itu ada lelang yang dilakukan BPPN saat Indonesia mengalami krisis pada 2000-an awal atau 1990-an.

“Pokoknya setelah krisis 1997-1998. Banyak aset-aset itu kemudian diambil alih oleh BPPN (dan) dilelang,” kata Fadli.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu mengatakan banyak pula aset yang jatuh ke tangan asing. Karena itu, ujar dia, seharusnya bersyukur mengingat ada pula aset yang jatuh ke tangan Prabowo melalui suatu proses lelang.

“Jadi Pak Prabowo justru menyelamatkan aset bangsa. Coba bayangkan yang tidak terselamatkan yang kemudian jatuh ke tangan asing,” pungkasnya. (inikata/jpc)

Komentar

Topik Terkait