oleh

Jika AS Luncurkan Rudal ke Eropa, Rusia Akan Obrak-abrik Washington

INIKATA.com Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Amerika Serikat agar tidak meluncurkan rudal baru di Eropa.

Putin mengancam akan membalas dengan cara serupa dengan menargetkan ibu kota Barat dengan persenjataan barunya sendiri bila Amerika Serikat melakukan hal tersebut.

Dalam pidatonya (Rabu, 20/2), Putin mengatakan Amerika Serikat meninggalkan pakta kontrol senjata utama INF 1987 untuk membebaskan tangannya guna membangun rudal baru dan mencoba mengalihkan kesalahan atas tindakan di Rusia.

Karena itulah Putin memperingatkan Washington agar tidak menempatkan rudal baru di Eropa setelah runtuhnya perjanjian kunci era Perang Dingin itu.

“Saya mengatakan ini dengan jelas dan terbuka, Rusia akan terpaksa mengerahkan senjata yang dapat digunakan melawan pusat pengambilan keputusan yang berada di belakang sistem rudal yang mengancam kita,” kata Putin.

“Kemampuan senjata semacam itu, termasuk waktu untuk mencapai pusat-pusat itu, akan setara dengan ancaman terhadap Rusia,” tambahnya seperti dimuat Al Jazeera.

Dia tidak mengatakan senjata spesifik apa yang bisa dikerahkan Moskow, tetapi dia melaporkan kemajuan cepat pada serangkaian sistem baru yang disajikan setahun yang lalu. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait