oleh

Kekerasan Seksual, Ayah Tiri Sodomi Anak Selama Berbulan-bulan

MAKASSAR, INIKATA.com – Kasus kekerasan seksual oleh orang tua terhadap anak sendiri, kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah anak berusia 7 tahun.

Dia disodomi oleh ayah tirinya selama berbulan-bulan.

Ibu korban yang enggan disebutkan namanya mendatangi kantor Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak (P2TPA) di kantor Gubernur, Kamis (21/7) sore.

Ia melaporkan tindakan bejat yang dilakukan suaminya terhadap anaknya sebut saja Lia (7).

Ia mengaku kejadiannya terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat. Namun setelah kejadian tersebut diketahui, ia kemudian melarikan diri ke Makassar.

Hingga disarankan melapor ke Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak.

“Anak saya disetubuhi setiap saya tidak di rumah. Diraba-raba sampai melayani nafsunya,” keluhnya.

Dampak dari kekerasan seksual pada korban lanjutnya begitu dalam. Ia mengalami depresi berat. Ia berharap P2TPA bisa melakukan pendampingan psikologis.

“Kasihan anak saya. Masih kecil, masa depannya masih panjang. Saya juga akan melaporkan kasus tersebut ke kepolisian,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sulsel, Rusdin Tompo mengecam keras kasus tersebut. KPAI mengutuk tindakan kekerasan seksual yang dilakukan oleh ayah sendiri.

“Kami mengecam keras atas tindakan kejahatan seksual tersebut. Apapun alasannya tindakan pelecehan, apalagi oleh ayah sendiri tak dibenarkan,” jelasnya.

“Orang tua juga perlu memantau, termasuk ibu harus intens mendampingi aktivitas anak. Karena kerentanan anak menjadi korban cukup tinggi,” tambahnya lagi.

Ia meminta P2TPA turut mendampingi korban mengatasi trauma. Ia meminta agar pendampingan tersebut dilakukan hingga korban sembuh dan beraktivitas kembali.

“Kami meminta P2TP2A baik Makassar atau Sulsel agar melakukan rehabilitasi secara tuntas agar korban pulih kembali dan tidak menyisakan masalah di kemudian hari,” jelasnya. (inikata/fo)

Komentar

Topik Terkait