oleh

Kardinal Katolik Senior Dihukum Atas Kasus Pelecehan Seksual Terhadap Anak

INIKATA.com– Kardinal senior asal Australia George Pell melakukan perbuatan tercela.

Pejabat Gereja Katolik yang masuk dalam Kardinal senior ketiga di dunia ini, tersangkut kasus pelecehan seks terhadap anak-anak.

Hakim di Melbourne pada Desember tahun lalu mendapati Pell bersalah atas pelecehan terhadap dua bocah laki-laki berusia 12 dan 13 tahun, di kamar Katedral Saint Patrick di kota itu pada tahun 1996.

Kardinal, yang sebelumnya adalah salah satu penasihat terdekat Paus Fransiskus, dijadwalkan akan menghadapi sidang hukuman mulai hari Rabu.

Hanya dua hari setelah vonis yang tidak dilaporkan pada bulan Desember, Pell dan dua kardinal lainnya dikeluarkan dari dewan penasihat Paus.

Paus sebelumnya memuji Pell atas kejujuran dan responsnya terhadap pelecehan seksual anak. Dia belum bereaksi terhadap vonis.

Gereja Katolik Roma telah dilanda berbagai skandal dalam beberapa tahun terakhir.

Namun ditutupi, nyatanya pelecehan seksual anak-anak oleh para pendeta untuk melindungi para pedofil dan reputasi Gereja.

Paus Francis sendiri mendapat kecaman tahun lalu karena tidak menanggapi krisis pelecehan seksual Gereja setelah terungkap bahwa anak-anak, kebanyakan anak laki-laki, dilecehkan oleh para pendeta di jemaat mereka di seluruh dunia.

Dia memanggil para uskup kunci dari seluruh dunia ke pertemuan puncak yang diadakan sebelumnya di Vatikan.

Pertemuan itu untuk membahas masalah ini dan menemukan solusi untuk melindungi anak-anak dari pelecehan seksual di Gereja.

Sekitar 6.900 pastor Katolik Roma AS dituduh melakukan pelecehan seksual dengan setidaknya 16.900 korban muda antara tahun 1950 dan 2011, menurut data dari Konferensi Uskup Katolik AS.(Inikata/presstv)

Komentar

Topik Terkait