oleh

Soal Vanessa Angel, Komnas Perempuan Bilang Begini

INIKATA.com – Komisi Nasional (Komnas) Perempuan meminta polisi segera mengungkap lelaki yang mem-booking Vanessa Angel.

Komisioner Komnas Perempuan Sri Nur Herwati menilai, kasus prostitusi online harusnya menjerat mucikari sekaligus pelanggan. Bukan malah menjerat perempuan yang menjajakan diri.

“Karena mereka (mucikari dan pelanggar, Red) yang menciptakan jeratan-jeratan terjadinya tindak pidana prostitusi,” tegas Sri.

Sri berjanji bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus Vanessa. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan upaya pemulihan kondisi psikis Vanessa.

“Kami akan terus memantau kasus-kasus yang terkait dengan perempuan yang dilacurkan dan juga bagaimana menyikapi serta mengajak masyarakat untuk mendukung proses pemulihan agar prostitusi ini tidak terus berlangsung dan bisa segera dihentikan. Sebab, salah satu mandat kami adalah menciptakan situasi yang kondusif bagi penghapusan kekerasan terhadap perempuan,” papar Sri.

Komnas perempuan akan melakukan konseling psikologi terhadap Vanessa secara berkala. Lembaga layanan konseling di Surabaya yang akan melakukan konseling langsung terhadap artis FTV tersebut.

Selain itu, Sri juga meminta polisi segera mengabulkan pengajuan penangguhan penahanan untuk Vanessa. Sebab, Sri menilai bahwa Vanessa sebagai korban atau perempuan yang dilacurkan.

“Maka hak dia sebagai korban, apapun status hukumnya, harus tetap diberikan. Jadi, mengabulkan penangguhan penahanan dengan melihat kapasitasnya (Vanessa) sebagai korban,” ungkap Sri. (Inikata/JPC)

Komentar

Topik Terkait