oleh

Tidak Cocok Adopsi Sistem AS, AHY: Mengkaji Kembali Sistem Kepartaian

INIKATA.com – Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai bangsa Indonesia belum siap dan tidak cocok mengadopsi sistem kepartaian ala Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, sistem multipartai di Indonesia merupakan pilihan yang paling rasional bagi bangsa Indonesia.

“Karena itu, pasca Pemilu 2019 nanti, kita semua harus duduk bersama, melakukan dialog untuk membangun konsensus nasional tentang sistem politik apa yang paling cocok bagi bangsa kita di masa mendatang,” terangnya saat memberikan orasi politik yang berjudul ‘Rekomendasi Partai Demokrat kepada Presiden Indonesia Mendatang’ di Djakarta Theater, Jakarta Selatan, Jumat (1/3).

Tak hanya itu, AHY juga merekomendasikan kepada calon presiden terpilih untuk mengevaluasi sistem politik Indonesia. Terutama pemilu serentak.

“Kepada Presiden mendatang, Partai Demokrat merekomendasikan untuk mengkaji kembali sistem kepartaian dalam kehidupan berdemokrasi kita,” guyonnya.

Sekedar diketahui, AHY mengajak seluruh partai untuk mendiskusikan kembali soal sistem politik di Indonesia. Khususnya mengenai pemilihan presiden yang dilakukan secara serentak dengan pemilihan legislatif.

Menurutnya, sistem pemilu kali ini akan berdampak besar terhadap partai politik pengusung capres. Putra Sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menilai, hanya parpol yang mengusung kader internal yang paling mendapatkan efek elektoral pada kontestasi pilpres. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait