oleh

Serang India Gunakan Jet Buatan Amerika, Pakistan Dalam Masalah

INIKATA.com Amerika Serikat mencari tahu apakah Pakistan menggunakan jet F-16 buatan Amerika Serikat untuk menembak jatuh jet tempur India pekan lalu atau tidak.

Hal itu penting diketahui, karena bila F-16 digunakan dalam kasus itu, maka akan berpotensi melanggar perjanjian penjualan militer Washington yang membatasi bagaimana Pakistan dapat menggunakan pesawat.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Islamabad pada Minggu (3/2) memastikan pihaknya sedang menyelidiki laporan soal Pakistan menggunakan jet F-16 dalam kejadian tersebut.

“Kami mengetahui laporan ini dan mencari informasi lebih lanjut,” kata jurubicara Kedutaan Besar Amerika Serikat di Islamabad seperti dimuat¬†Reuters.

“Kami menanggapi semua dugaan penyalahgunaan artikel pertahanan dengan sangat serius,” tambahnya.

Sementara itu Pakistan membantah menggunakan jet F-16 dalam pertempuran udara yang menumbangkan pesawat perang Mig-21 India di atas wilayah Kashmir pada hari Rabu pekan kemarin.

Namun pihak Pakistan belum merilis nama pesawat yang terlibat dalam penembakan itu.

Selain F-16, militer Pakistan diketahui juga memiliki jet tempur JF-17 yang dirancang China.

Pakistan diketahui memiliki sejarah panjang dalam membeli perangkat keras militer Amerika Serikat, terutama pada tahun-tahun setelah 2001 ketika Islamabad dipandang sebagai mitra utama dalam Perang Melawan Teror yang dipimpin Amerika Serikat. (Inikata/Rmol)

Komentar

Topik Terkait