oleh

Amerika Serikat Godok Sanksi Baru untuk Gulingkan Maduro di Venezuela

INIKATA.com – Amerika Serikat (AS) berencana akan kembali menekan Pemerintahan Venezuela dibawah rezim Nicolas Maduro, dengan kembali menjatuhkan sanksi baru.

Bahkan secara blak-blakan AS melalui Penasihat Kemanan Nasionalnya, John Bolton mengaku melakukan itu guna memperkuat cengkramannya pada Venezuela.

Tujuannya menurutnya agar Pemerintahan Maduro menyerahkan kekuasaannya pada oposisi yang diakuinya yakni Juan Guaido.

“Kami sedang mempertimbangkan sanksi baru, langkah baru untuk memperketat cengkeraman kami pada keuangan Maduro, untuk menyangkal rezimnya,” kata John Bolton kepada Fox Business Network.

Memang sebelumnya, AS telah menjatuhkan sanksi pada sektor minyak negara itu.

Bahkan telah mengumumkan pembekuan aset dan larangan bepergian yang menargetkan para pejabat tinggi Venezuela pendukung Maduro.

Sebelumnya pada hari Selasa, Utusan Washington untuk Venezuela, Elliott Abrams mengatakan, penerapan sanksi sekunder AS terhadap warga atau entitas non-AS yang terikat dengan Pemerintah Maduro adalah kemungkinan yang jelas.

Meskipun ia mengatakan, belum ada keputusan untuk mengambil tindakan seperti itu.

Maduro mengatakan, ia akan mengalahkan kelompok minoritas yang bertekad untuk membuat negara itu tidak stabil. Itu menjadi komentar publik pertamanya sejak pemimpin oposisi Juan Guaido menantangnya.

Maduro, dalam sebuah upacara untuk memperingati ulang tahun keenam kematian pendahulunya Hugo Chavez, meminta para pendukung untuk menghadiri demonstrasi antiimperialis pada 9 Maret, bertepatan dengan kampanye oposisi yang diumumkan oleh Guaido. (inikata/jpc)

Komentar

Topik Terkait