oleh

Jadi Kebanggaan Karyawan, Chevrolet Cruze Bakal Akhiri Produksinya

INIKATA.com – Chevrolet Cruze dari General Motors Co terakhir kali diproduksi di pabrik perakitannya di Lordstown, Ohio pada Rabu (6/3) siang waktu setempat. Lordstown adalah pabrik pertama dari lima pabrik di Amerika Utara yang akan mengahiri produksi Cruze-nya tahun ini.

“Para pekerja di pabrik tersebut memposting foto-foto Cruze terakhir di jalur perakitan di masing masing media sosial pribadinya. Cruze selesai diproduksi sekitar pukul 3 sore,” kata juru bicara GM dikutip dari Reuters, Jumat (8/3).

General Motors menambahkan The Cruze ialah produk kebangaan karyawan dari pabrik tersebut.

“Cheverolet Cruze itu adalah produk yang bagus dan dibangun dengan kebanggaan luar biasa oleh karyawan Lordstown. Kami tahu ini adalah hari yang emosional bagi tim kami di pabrik Lordstown,” kata GM dalam sebuah pernyataan.

Pabrik Lordstown kini sedang idle, mengakibatkan hilangnya 1.500 pekerjaan. Sejak 2017, GM memangkas dua dari tiga shift produksi yang sudah menghilangkan 3.000 pekerja di tengah permintaan melambat pada mobil kecil. GM terus memproduksi Cruze di Meksiko untuk pasar lain, tetapi tidak untuk Amerika Serikat.

Kendati demikian, GM mencatat bahwa lebih dari 400 karyawan Lordstown telah menerima tawaran di lokasi GM lainnya, dan menegaskan bahwa pekerjaan tersedia di pabrik perakitan lain untuk siapa pun yang mau pindah ke negara bagian lain.

Serikat Pekerja Auto Ajukan Gugatan ke GM

Serikat Pekerja Auto mengatakan bahwa pihaknya yang telah mengajukan gugatan dan menantang keputusan dari GM untuk mengakhiri produksi Cruze di Lordstown.

“Kami tidak akan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam menjaga pabrik Lordstown terbuka,” kata Serikat Pekerja Auto.

Kepala eksekutif GM, Mary Barra, mengatakan “nasib dari akhir pabrik yang menimbulkan pertanyaan apakah akan dibuka kembali? Semua itu akan diputuskan musim panas ini dalam pembicaraan kontrak dengan UAW,” katanya.

Kompleks perakitan Lordstown memiliki luas 6,3 juta kaki persegi. Memproduksi lebih dari 16 juta kendaraan sejak dibuka pada tahun 1966, termasuk hampir dua juta mobil Chevrolet Cruze sejak 2010.

Pada bulan November, GM mengumumkan akan menonaktifkan lima pabriknya di Amerika Utara, termasuk Lordstown, dan memangkas hingga 15.000 pekerjaan.

GM juga telah mengungkapkan pada Selasa (5/3) dalam sebuah pemberitahuan kepada negara bagian Ohio bahwa mereka akan memangkas sekitar 101 pekerjaan di Chester Barat, Ohio, untuk bagian pelayanan, bagian gudang dan fasilitas operasi yang akan ditutup nantinya.

“Kami telah mengatakan kepada karyawan tentang rencana pada Juni 2018 untuk menutup fasilitas dan memindahkan pekerjaan ke gudang baru di Burton, Michigan. Pekerja Ohio dapat pindah ke Michigan jika mereka mau, kata GM,” ujarnya

Senator Sherrod Brown dari Ohio menyebut hari Rabu adalah hari yang memilukan “…para pekerja ini adalah jantung dan jiwa GM.” (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait