oleh

Mainkan Perannya Setahun Terakhir, Moon Ganti Menteri Unifikasi Korea Selatan

INIKATA.com Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengganti Menteri Unifikasi Cho Myoung Gyon yang telah memainkan perannya di Korea Utara selama setahun terakhir. Moon akan menunjuk orang kepercayaannya, Kim Yeon Chul, dalam upaya untuk perdamaian semenanjung Korea.

Pergantian itu akan dilaksanakan sambil menunggu sidang konfirmasi. Seperti diketahui, Kementerian Unifikasi adalah kementerian yang menangani hubungan Korea Selatan dengan Korea Utara.

“Dia adalah orang yang tepat yang dapat secara aktif mewujudkan visi presiden untuk semenanjung Korea yang baru, sebuah komunitas perdamaian dan kerja sama yang baru, dengan melaksanakan tugas-tugas kebijakan utama kementerian unifikasi tanpa hambatan dan mengimplementasikan perjanjian antar-Korea dengan cara cepat,” kata Juru Bicara Moon dilansir dari Reuters, Jumat (8/3).

Perubahan itu merupakan bagian dari perombakan kabinet terbesar Moon sejak menjabat pada 2017. Sejumlah menteri lain yang diganti, yaitu untuk interior, darat dan transportasi, budaya dan olahraga, lautan dan perikanan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta usaha kecil dan menengah.

Reshuffle ini memungkinkan para menteri yang akan keluar untuk mencalonkan diri dalam pemilihan parlemen tahun depan,

juga membuka halaman baru bagi pemerintahan guna menghadapi ekonomi yang lesu dan popularitas yang menurun.

Pergantian Cho Myoung Gyon sendiri terjadi seminggu setelah pertemuan puncak kedua

antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Vietnam.

Pertemuan itu gagal mencapai kesepakatan karena perbedaan mereka dalam penghentian program nuklir Korea Utara dan kesediaan AS untuk meringankan sanksi. (Inikata/Jawapos)

Komentar