oleh

Ketahui Penyebabnya Jika Istri Anda Menolak Berhubungan Seks

INIKATA.com Rasa canggung dan berdebar-debar saat malam pertama biasanya dialami pasangan suami istri yang baru menikah. Pengalaman berhubungan intim pertama kali tentu membawa sensasi senang campur gugup. Tapi, bukan tidak mungkin, istri Anda justru tidak menikmati atau ketakutan hingga bahkan tubuhnya secara tak langsung menolak berhubungan intim. Apa sebabnya?

Dokter Gynecologist, dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG, mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pasangan Anda menolak untuk bercinta. Meski tidak terucap, penolakan saat berhubungan intim bisa terbaca dari tegangnya otot panggul.

Penolakan ini biasanya disebabkan karena rasa takut. Ketakutan bisa terjadi k arena persepsi, pendidikan, agama, trauma, atau belum pernah melihat dan merasakan. Sehingga otot panggul menegang.

“Sebagian besar punya persepsi yang berbeda, secara anatomi banyak penyebabnya ketegangan otot yang tidak disadari,” kata dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG. ketika ditemui di RSPI Puri Indah, Jakarta Barat, Rabu (6/3).

Ada juga yang tidak merasakan takut tapi otot tersebut secara tidak sadar bergerak untuk menahan, sehingga tidak bisa terjadi suatu hubungan seksual secara alami. Hal ini biasanya ada hubungannya dengan psikis. Sehingga, ‘penyakit’ atau ketakutan tersebut bisa diobati dengan berkolaborasi antara dokter psikiatri dan gynecologist.

“Kita cari tahu dulu apa penyebabnya sampai terjadi vaginismus (otot vagina tegang), itu paling dasar. Kemudian secara psikologi tidak ada kelainan kita periksa apa yang menyebabkan dia tidak bisa penetrasi, tidak bisa masuk saat hubungan secara normal,” tambah dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG. (Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait