oleh

Juarai All ENgland, Kento Momota: Saya Menjadi yang Pertama dari Jepang

INIKATA.com Kento Momota mencatat sejarah manis buat Jepang usai mengukuhkan diri menjadi jawara di All England 2019.

Momota menjadi orang pertama dari Negeri Sakura yang menjadi juara tunggal putra di turnamen badminton paling tua di dunia itu.

Dalam pertandingan terakhir All England 2019 di Arena Birmingham, Senin (11/3) dini hari, Momota mengalahkan tunggal Denmark Viktor Axelsen 21-11, 15-21, 21-15 dalam laga berdurasi satu jam 21 menit (statistik BWF).

Sebelum Momota, tunggal putra Jepang yang berhasil ke final baru Masao Akiyama (1966) dan Kenichi Tago (2010). Akiyama kalah dari Tan Aik Huang (Malaysia), Tago menyerah di tangan Lee Chong Wei (Malaysia).

“Gelar ini membuat saya senang sekali. Saya menjadi yang pertama dari Jepang menjadi juara tunggal putra All England,” kata Momota di laman BWF.

Namun, tunggal putra pertama dari Jepang yang menjadi juara dunia (2018) ini tetap membumi, merasa keberhasilannya di All England 2019 buah kekompakan tim selama di Birmingham.

“Ini bukan hanya pencapaian saya, ini merupakan penghargaan bagi seluruh tim karena kami semua telah bekerja sangat keras di sini,” katanya.

Pujian untuk kehebatan Momota juga datang dari lawannya di final. “Saya harus mengucapkan selamat buat Momota. Dia sangat kuat hingga akhir,” ujar Axelsen.

“Ini salah satu pertandingan terbaik saya. Namun, dia (Momota) lebih punya energi. Dia memaksa saya bergerak sepanjang pertandingan. Saya pikir, saya sudah sangat dekat dan pantas menantangnya,” pungkas Axelsen. (Inikata/Jpnn)

Komentar

Topik Terkait