oleh

Diprediksi Ada Puluhan Bom Aktif Siap Meledak Dirumah Terduga Teroris

INIKATA.com Kediaman terduga teroris Husain alias Abu Hamzah masih riskan untuk dimasuki pihak Kepolisian. Sebab di dalamnya diprediksi masih ada sejumlah bom yang belum meledak.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, dari pengakuan Abu Hamzah, ada puluhan bom yang sudah terakit.

“Yang akif, yang dibawa istrinya sekitar empat bom dan ada bahan-bahan (peledak) juga. Puluhan kilo berupa potasium sebagai bahan baku,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri Jakarta, Rabu (13/3).

Puluhan bom tersebut hasil rakitan Hamzah. Ya dia dikenal memiliki kemampuan untuk merakit bom pada jaringan kecil itu.

“Saudara AH (Abu Hamzah) memiliki kemampuan untuk merakit bom dan mempengaruhi kelompok tersebut,” kata Dedi.

Namun diyakini, Hamzah tidak sendiri merakit bom dalam jumlah banyak itu. “Pasti dia dibantu temennya yang saat ini kami lakukan pengembangan kembali,” sebut Dedi.

Diduga, rekan Hamzah lebih dari satu orang. Dedi belum mau membeberkan terkait identitas mereka. “Nanti dulu. Kalau datanya sudah pasti akan saya sampaikan,” imbuhnya.

Namun yang pasti, Hamzah masih satu jaringan dengan terduga teroris yang ditangkap di Lampung dan Kalimantan Barat akhir pekan lalu. Mereka saling komunikasi melalui media sosial WhatsApp Group, e-Mail, dan Facebook.

Mereka berencana melakukan serangan di wilayah masing-masing dengan aparat keamanan sebagai sasarannya.

“Musuh utamanya Kepolisian karena Kepolisian yang melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris,” pungkas Dedi. (Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait