oleh

Empat Tim MotoGP Protes, Bos Ducati: Lawan Kami Minim Pengetahuan

INIKATA.com Protes keras yang dilayangkan empat tim MotoGP (Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia) kepada Ducati tidak membuat Gigi Dall’igna merasa terintimidasi. Sebaliknya, bos tim Ducati tersebut justru santai mendengar keluhan-keluhan lawan.

Tidak dapat dipungkiri, inovasi Ducati dalam menciptakan sayap di bagian depan ban belakang turut menghadirkan kontroversi dalam seri Qatar, Minggu (10/3) lalu. Banyak pihak yang menilai hal tersebut ilegal karena bagian itu terpisah dari fairing motor.

Padahal menurut peraturan FIM, bagian yang meningkatkan aerodinamis harus menjadi satu dengan fairing. Sebaliknya, pihak Ducati beralasan sayap tersebut bukan berfungsi untuk meningkatkan aerodinamis, tetapi menjaga temperatur permukaan ban dari suhu ekstrim.

Menanggapi itu, Gigi menilai rival-rivalnya tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup terhadap inovasi Ducati. Mereka hanya bisa protes tanpa disertai pengecekan yang jelas.

“Saya melihat banyak orang kurang memiliki kemampuan berbicara mengenai hal tersebut. Bahkan saat dirapatkan (dengan tim lain), hanya satu orang teknisi dari kami, Fabiano Sterlacchini yang bisa berbicara secara teknis. Sementara yang lainya tidak terlalu berbicara teknis dan juga sangatlah buruk dalam menyiapkan isu tersebut,” jelasnya dikutip dari GPone.

Menurutnya, inovasi ini secara tidak langsung turut membantu tim-tim lain dalam berkompetisi pada Sirkuit Losail. Sebab lintasan ini tergolong area yang sulit. Bahkan mereka dapat turut mereplikanya pada motor masing-masing. (Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait