oleh

Fadli Zon Sebut Penyelesaian Masalah Honorer K2 Bukan Hal Rumit

INIKATA.com Wakil Ketua DPR Fadli Zon menampung semua keluhan dan aspirasi delegasi forum honorer K2, GTT/PTT yang menemuinya di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Senin (18/3). Saat itu, politikus Gerindra itu menyatakan bahwa masalah honorer K2 bukan hal rumit.

“Pertama, saya ingin memosisikan bahwa sebetulnya masalah ini bukan hal yang rumit, dan kami sejak awal masa periode DPR yang lalu, hampir semua fraksi memperjuangkan,” ucap Fadli.

Bahkan, katanya, komisi II DPR sudah pernah ada penandatanganan kesepakatan dengan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menPAN-RB), namun Presiden Joko Widodo waktu itu tidak setuju kesepakatan pengangkatan guru honorer tersebut.

“Saya melihat persoalan ini sebenarnya masalah political will, atau masalah diskresi pemerintahan terhadap penyelesaian honorer,” ucap waketum DPP Gerindra itu.

Secara pribadi, pimpinan DPR yang gemar mengoleksi keris itu menyatakan pada posisi mendukung bahwa honorer yang sudah mengabdi kepada bangsa dan negara, harusnya diangkat dengan alsan tenaga mereka memang diperlukan.

“Kecuali berlebih. Sebenarnya tenaga gurunya sendiri masih diperlukan, jumlahnya masih kurang, rasionya masih kurang. Apalagi ini sudah mengabdi ada yang sampai puluhan tahun. Dan sudah teruji. Karena itu saya dalam posisi sangat mendukung (dijadikan PNS),” tutur Fadli.

Namun demikian, dalam hal ini DPR bukanlah pengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah honorer K2, tapi kebijakannya ada di pemerintah. Walau bagaimanapun, Fadli mengaku akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah.

“Kalau dalam posisi sekarang kami sampaikan ke pemerintahan sekarang,

kecuali ada pemerintahan baru yang punya kebijakan baru, itu akan lebih mudah,” jelasnya. (Inikata/jpnn)

Komentar

Topik Terkait