oleh

Meski Ditetapkan Tersangka, KPK Izinkan Wisnu Kuncoro Hadiri Nikahan Anaknya

INIKATA.com Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan izin kepada Direktur Teknologi dan Produksi PT Krakatau Steel (Persero), Wisnu Kuncoro untuk menghadiri acara akad nikah anaknya yang berlangsung besok Minggu (24/3).

“Pimpinan berlima, sepakat untuk beri yang bersangkutan (Wisnu Kuncoro) hadir di akad nikahnya acara itu,” ucap Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantornya, Sabtu (23/3).

Sementara, Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati menjelaskan, pihaknya juga masih menunggu surat dari anak Wisnu untuk mengetahui kapan persisnya akad nikah akan digelar. “Wisnu akan nikahkan anaknya. Jadi, kami di posisi menunggu surat dari anaknya untuk hadiri acara itu,” tuturnya.

Terkait penangkapan Wisnu ini, beredar kabar uang Rp 20 juta yang diberikan Alexander akan digunakan untuk pernikahan anak Wisnu. Namun, saat dikonfirmasi hal ini, Yuyuk hanya mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman.

“(Soal) Uang digunakan untuk apa, penyidik masih mendalami hal tersebut,” tegasnya.

Dalam kasus ini, Wisnu Kuncoro dan Alexander Muskitta (AMU) dari swasta, diduga sebagai penerima. Kemudian, Kenneth Sutardja (KSU) dan Kurniawan Eddy Tjokro (KET) alias Yudi swasta, diduga sebagai pemberi.

Kuncoro dan Alexander selaku pihak penerima dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sebagai pihak yang diduga pemberi Kenneth dan Kurniawan disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

(Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait