oleh

Kampanye di Banyuwangi, Jokowi Singgung Infrastruktur

INIKATA.com Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) membeberkan capaian kinerjanya selama 4 tahun belakangan saat berkampanye di Banyuwangi, Senin (25/3). Salah satunya terkait pembangunan di daerah, termasuk di Banyuwangi.

Jokowi mendukung penuh pengembangan Bandara Blimbingsari Banyuwangi hingga sekarang menjadi bandara internasional. “Bandara Banyuwangi memang terus dikembangkan, yang terakhir digelontor Rp 300 miliar untuk perpanjangan serta landasan dan berbagai kebutuhan lain,” ujarnya.

Selain itu, Waduk Bajulmati yang mangkrak bertahun-tahun, juga telah dituntaskan dan bisa mengairi 1.800 hektare lahan serta mencetak 600 hektare sawah baru di Banyuwangi.

Jokowi juga mengungkapkan, tol trans-Jawa akan segera tembus Banyuwangi. Saat ini, ruas Probolinggo-Banyuwangi sedang disiapkan. “Tahun ini mudah-mudahan selesai, atau molor sedikit 2020. Siapa yang setuju tol dibangun sampai Banyuwangi?” tanya Jokowi disambut pekik ‘setuju’ oleh massa.

Bahkan, Jokowi juga mengatakan bila pihaknya tengah menyiapkan pembangunan industri kereta api terbesar se-Indonesia di Banyuwangi. “Ini kita harapkan bisa terus memajukan daerah, menyejahterakan rakyat,” kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga menyinggung perbaikan infrastruktur akses Taman Nasional Alas Purwo. Karena infrastruktur yang baik itulah, jumlah wisatawan ke TN Alas Purwo melonjak 53,5 persen menjadi 211.049 wisawatan pada 2018 dibanding tahun sebelumnya yang hanya 137.430 orang.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga membeber sejumlah kerja Jokowi. Anas yang telah mengambil cuti kampanye mengatakan, dalam setiap kesempatan, Jokowi selalu mendorong daerah untuk membenahi pelayanan publik.

“Maka atas dorongan Pak Jokowi, di Banyuwangi ada Mal Pelayanan Publik yang menyatukan 199 jenis dokumen dan izin dalam satu tempat sehingga memudahkan warga,” kata Anas.

(Inikata/Jawapos)

Komentar