oleh

Air Kali Lamong Meluap, Dua Kecamatan di Gresik Diterjang Banjir

GRESIK, INIKATA.com Kabupaten Gresik, Jawa Timur kembali diterjang banjir. Kali ini terjadi di dua kecamatan yakni Kecamatan Benjeng dan Kecamatan Balongpanggang, Selasa (26/3).

Air Kali Lamong Meluap, Dua Kecamatan di Gresik Diterjang Banjir

 

Belum diketahui secara detail dusun mana saja yang terendam air. Begitu pula jumlah rumah warga. Namun informasi sementara lebih dari 300 rumah terendam di dua kecamatan.

Dan puluhan hektare sawah turut diterjang banjir. Beruntung, sebagian tanam padi sudah dipanen sebelum air banjir datang.

Menurut Sutejo (48), warga Dusun Ngablak Kecamatan Benjeng, banjir merendam dua kecamatan ini akibat air Sungai Kali Lamong, meluap.

“Beberapa hari terakhir ini kan curah hujan tinggi. Inilah penyebab air Sungai Kali Lamong meluap,” ujar Sutejo, Selasa petang.

Sementara itu, dari lokasi banjir warga yang rumah terendam sebagian mengungsi ke rumah keluarganya dan sebagian lagi memilih bertahan di rumahnya dengan kondisi seadanya.

Ketinggian air bervariasi. Di daerah Balongpanggang hingga berita ditulis, ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Sebagian lagi selutut orang dewasa.

“Yang parah di daerah Balongpanggang. Air sudah setinggi pinggang orang dewasa,” timpal Sugeng (44).

Petugas BPBD Gresik sudah menerjunkan timnya untuk membantu korban. Namun belum satupun petugas BPBD setempat yang bisa diminta keterangannya terkait banjir ini. (Muh)

Komentar

Topik Terkait