oleh

Oknum ASN Kemenkumham Gasak Motor Rekan Sekantor, Pelaku Ngaku Khilaf

INIKATA.com Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sumut harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, laki-laki bernama Dedi Syahputra Nasution, 33, itu nekat mencuri sepeda motor rekan sekantornya.

Kini, Dedi bersama rekannya saat melakukan aksi pencurian sepeda motor (Curanmor) meringkuk di tahanan Polda Sumut. Aksi pencurian yang dilakukan pelaku, berawal saat warga Kelurahan Kenangan, Kecamatan Percut Seituan itu melihat kunci sepeda motor milik korban Yan Putra Jalo tergantung.

Sepeda motor matic BK 5845 AGZ itu, diparkirkan di halaman Kanwil Kemenkumham Sumut, Kamis (19/3) lalu. Dedi yang datang ke kantor sekira pukul 12.00 WIB melihat kunci sepeda motor tergantung.

“Saya khilaf karena ada kuncinya di situ,” kata Dedi di Polda Sumut, Selasa (26/3).

Korban yang kehilangan sepeda motor langsung membuat laporan. Pelaku langsung diringkus keesokan harinya pada Jumat (20/3) lalu.

“Kita melakukan penyelidikan dan dari hasil penyelidikan, ada satpam yang melihat pelaku membawa sepeda motor,” kata Wadir Reskrimum Polda Sumut AKBP Donald Simanjuntak.

Beberapa hari sebelum pencurian, gerak gerik tersangka memang sudah cukup aneh. Dia tidak membawa sepeda motornya saat datang ke kantor.

Setelah menggondol sepeda motor korban, pelaku bergerak ke rumah rekannya bernama Rizaldi Harahap, 36, warga Jalan Enggang, Kelurahan Kenangan Lama, Kecamatan Percut Seituan. Dia mengajak rekannya untuk menjual sepeda motor itu.

Pelaku mengaku, sepeda motor yang dicurinya hendak dijual seharga Rp 3.4 juta kepada pria bernama Keling. Sedangkan rekannya hanya diberi upah Rp 400 ribu.

Kepada polisi, Dedi mengaku nekat melakukan aksi kejahatan itu karena terlilit utang. Sepeda motor miliknya juga sudah digadaikan untuk melunasi utangnya.

“Saat ini kita masih mengejar penadah sepeda motornya,” pungkas Donald. (Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait