oleh

Gadaikan Motor Teman, Uang Hasil Gadai Dipakai Mentraktir Makan Pemiliknya

INIKATA.com Ungkapan peribahasa pagar makan tanaman sepertinya cocok disematkan kepada Catur Winarto, 23. Bagaimana tidak, Warga Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol Pasuruan ini tega menggadaikan motor milik temannya sendiri. Akibatnya tersangka harus kerasan tinggal di pengapnya sel tahanan Mapolresta Sidoarjo.

Kisah Catur berawal tanggal 26 Pebruari 2019 silam. Saat itu dia meminjam sepeda motor Honda Scoopy bernopol W 4073 RG milik Suma Ardi Ariska, warga Desa Bluru Kidul Sidoarjo.

“Tersangka meminjam motor korban dengan berdalih akan mengambil gaji di tempat kerjanya,” terang Kasatreskrim Kompol M Harris, Rabu (27/3).

Namun Catur yang bekerja serabutan ini tidak kunjung mengembalikan motor kepada sang pemilik. Dia malah menggadaikannya. Uang hasil gadai sebesar Rp 5 juta dia habiskan untuk minum dan berfoya-foya.

Uniknya Catur juga sempat mentraktir sang pemilik motor dengan uang hasil gadai. “Semua uangnya dihabiskan oleh tersangka. Tidak tersisa,” imbuh Harris.

Mendapati motornya tidak kembali tentu saja membuat Suma Ardi kelabakan. Saat ditagih untuk mengembalikan, tersangka Catur beralasan bahwa motor korban dipinjam temannya yang lain.

Akhirnya dia pun membuat laporan ke Polresta Sidoarjo. Polisi pun bergerak cepat dan menangkap Catur serta berhasil mengamankan motor korban yang sempat digadaikan.

“Tersangka telah melakukan penipuan dan penggelapan dan dijerat dengan pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP,” jelas Harris.

Dia juga berpesan agar warga berhati-hati dan jangan mudah percaya meminjamkan barang berharga kepada orang lain. (Inikata/Jawapos)

Komentar

Topik Terkait