oleh

CEO Facebook: Regulasi Baru Perlu Untuk Empat Bidang Ini

INIKATA.com – CEO Facebook, Mark Zuckerberg menantang pemerintah untuk membuat peraturan baru di empat bidang sebagai wujud peran aktifnya dalam mengatur internet.

“Saya percaya kita perlu peran yang lebih aktif untuk pemerintah dan regulator,” kata Zuckerberg , Sabtu (30/3).

Peraturan baru diperlukan menurutnya, yakni konten berbahaya, perlindungan pemilu, privasi dan portabilitas data.

“Dengan memperbarui aturan untuk Internet, kita dapat melestarikan apa yang terbaik tentang hal itu, kebebasan bagi orang untuk mengekspresikan diri mereka dan bagi wirausahawan untuk membangun hal-hal baru, sambil juga melindungi masyarakat dari bahaya yang lebih luas,” sambungnya.

Dalam bidang konten berbahaya, Zuckerberg mengatakan dia setuju dengan anggota parlemen yang berpendapat bahwa Facebook memiliki terlalu banyak kekuasaan atas pidato dan pihak ketiga dapat menetapkan standar pada distribusi bahan berbahaya dan mengukur perusahaan terhadap standar itu.

Dalam bidang perlindungan pemilu, Zuckerberg mencatat bahwa undang-undang yang ada di negara-negara saat ini difokuskan pada kandidat dan pemilihan daripada masalah politik yang memecah belah. Karena itulah dia mendesak undang-undang untuk diperbarui untuk mencerminkan realitas ancaman.

“Sudah waktunya untuk memperbarui aturan-aturan ini untuk mendefinisikan tanggung jawab yang jelas bagi orang-orang, perusahaan dan pemerintah di masa depan,” sambungnya.

Dalam bidang privasi pengguna, Zuckerberg mengatakan ia akan mendukung lebih banyak negara mengadopsi aturan yang sejalan dengan Peraturan Perlindungan Data Umum Uni Eropa, yang memberi regulator kekuatan untuk memberi sanksi kepada organisasi yang gagal mematuhi standar keamanan yang tinggi ketika memproses data pribadi.

Dia juga menyerukan regulasi untuk menjamin portabilitas data antar layanan. (rmol)

Komentar

Topik Terkait