oleh

Pemilu 2019, Gerindra Justru Yakin Angka Golput Tidak Tinggi

INIKATA.com Partai Gerindra tidak yakin angka golongan putih (Golput) meningkat pada Pemilihan Umum 2019. Diprediksi angka pemilih justru meningkat karena pemilu kali ini digelar serentak Pileg dan Pilpres.

Demikian dikatakan Anggota Fraksi MPR dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria pada diskusi Empat Pilar MPR bertema “Efektifitas Fatwa Haram Golput Tingkatkan Partisipasi Pemilih?’ di Media Center DPR, Jakarta, Senin (1/4).

Pemilu 2019, Gerindra Justru Yakin Angka Golput Tidak Tinggi

 

Menurut politisi Partai Gerindra ini, pelaksanaan pemilihan umum menjadi lebih baik dan berkualitas indikatornya adalah pemilih meningkat.

Riza menegaskan, pemilu di banyak negara partisipasi pemilih menurun drastis. Dia mengakui di Indonesia pernah terjadi partisipasi pemilih rendah di bawah 50 persen yaitu di daerah Sumatera Utara.

Namun Riza meyakini kalau Pemilihan Umum 2019 justru pemilih bukan malah menurun tapi justru meningkat.

“Karena pemilu serentak antara Pileg dan Pilpres, saya pribadi berpendapat kemungkinan partisipasi pemilih ini bertambah, ini bicara secara rasional. Dulu Pileg dan Pilpres berbeda ya menurun,” ujarnya.

Tetapi karena bersamaan secara rasional, menurut dia, secara logika harusnya meningkat. Karena semua pihak yang terlibat, termasuk tim sukses pasangan capres dan partai politik bekerja secara bersamaan.

“Melihat ini tentunya rasional logika kita pemilih meningkat,” kata Riza yang juga anggota Komisi II DPR ini. (Inikata/RMOL)

Komentar

Topik Terkait