oleh

Tanpa Pengalaman Politik, Petahana Tertinggal Jauh dari Komedian Dalam Pemilu Presiden

INIKATA.com Seorang komedian tanpa pengalaman politik membuat kejutan setelah mengantongi suara mayoritas dalam hasil awal putaran pertama pemilihan presiden Ukraina dirilis awal pekan ini (Senin, 1/4).

Dengan setengah jumlah suara dihitung, komedian bernama Volodymyr Zelenskiy itu berhasil meraup lebih dari 30 persen suara.

Sementara itu, calon petahana, Petro Poroshenko hanya mendapatkan seengah lebih dari Zelenskiy, yakni 16 persen suara.

Keduanya segera ditetapkan untuk mengambil bagian dalam pemilihan putaran kedua bulan depan.

“Saya sangat senang tetapi ini bukan tindakan terakhir,” kata Zelenskiy seperti dimuat BBC saat menanggapi hasil perhitungan awal.

Sementara itu Poroshenko menggambarkan hasil itu sebagai pelajaran keras. Dalam pemilu yang digelar akhir pekan kemarin, sebanyak 39 kandidat berada di kertas suara. Namun tidak ada yang menerima lebih dari 50 persen suara. Karena itulah, dua kandidat teratas akan maju ke putaran kedua pada 21 April. Keduanya adalah Zelenskiy dan Poroshenko.

Kementerian Dalam Negeri Ukraina dalam sebuah keterangan mengatakan, ratusan pelanggaran pemilu telah dilaporkan terjadi selama pemungutan suara. Tetapi pengamat asing mengatakan pemungutan suara secara umum berjalan lancar. (Inikata/RMOL)

Komentar

Topik Terkait