oleh

Tiga Hal Jadi Sumber Kekalahan Jokowi, Ini Janji Ma’ruf Amin

INIKATA.Com – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin blak-blakan terkait tiga isu yang membuat pasangannya, Joko Widodo, kalah unggul dibanding Prabowo Subianto di Pemilu 2014 lalu.

Untuk itu, dirinya berjanji akan mengerahkan semua kemampuannya untuk bisa menang di kota hujan, Bogor, Jawa Barat.

‎”Dulu kalah karena ada provokasi dan hoaks PKI, anti-Islam, anti ulama. Nah sekarang ini kita bersihkan,” ujar Ma’ruf di Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/4).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menjelaskan cara membersihkan hoaks-hoaks tersebut dilakukan dengan menggelar pertemuan, bahkan kalau perlu memberitahukan ke masyarakat lewat door to door kalau berita-berita soal PKI dan anti-Islam yang selama ini menyerang Jokowi itu fitnah dan tak benar.

“Ya kita sampaikan lewat peetemuan-pertemuan, lewat panggung, juga dari rumah ke rumah, majelis-majelis, semua disampaikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Capres nomor urut 01 Jokowi mengungkapkan, kekalahan dirinya dalam Pilpres 2014 di Kabupaten Bogor dikarenakan tiga isu yang selalu dikembangkan.

Jokowi mengungkapkan, ketiga isu itu antara lain yang sering diucapkannya beberapa kali dalam setiap kesempatan yakni isu PKI, antek asing, dan kriminalisasi ulama.

Menurut Jokowi, tiga isu itu merupakan fitnah yang sangat brutal dan tidak masuk logika. Bahkan ia pun heran dianggap mengkriminalisasi ulama. Karenanya, ia berharap agar para relawannya di Bogor bisa berjuang total.

Diketahui, dari total suara sah yang masuk sebanyak 2.489.022 dengan tingkat partisipasi 76,15 persen, hasil rapat pleno penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor pada 2014, suara Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya mendapat 852.888 suara atau 34,27 persen, kalah dengan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang meraih 1.636.134 suara atau 63,73 persen.‎

Komentar