oleh

Hanya Satu di Dunia, VW 39 Bermesin Porsche

INIKATA.com – Partnership antara perusahaan raksasa otomotif sebenarnya telah berlangsung puluhan tahun lalu. Pada era 1930-an ternyata brand mapan seperti Volkwagen dan Porsche sudah melakukan kerja sama memproduksi mobil.

Salah satu model mobil ikonik yang diproduksi dari hasil partnership ini adalah VW 39 yang dibangun pada tahun 1939. Mobil ini memang saat itu belum melenggang ke pasar otomotif karena baru menjadi mobil konsep dalam bentuk pra-produksi.

Saat itu, VW 39 diproduksi pabrik VW di Zuffenhausendi, Wolfsburg, Berlin dengan menggunakan mesin Porsche. Mesin yang disematkan pada mobil mungil VW 39 ini adalah model khusus tipe 64 dari mobil balap 1-liter yang mampu menghasilkan power 32 hp dengan kecepatan maksimaal145 km per jam. Bobotnya yang hanya 659 kg membuatnya menjadi lebih kencang dari VW Beetle.

Carscoops, Jumat (5/4) menyebutkan saat itu yang membangun mobil tersebut adalah orang-orang porsche. Rencana awalnya mereka ingin membangun 39 unit sesuai dengan tipenya namun karena perang dunia ke 2 saat itu dimulai maka hanya terealisasi 14 unit mobil.

Masa Perang Berkecamuk, 13 Unit VW 39 Hilang

Sayangnya ketika masa perang berkecamuk 13 unit dari mobil tersebut hilang. Beruntung usai perang dunia ke 2salah satu unit ditemukan dalam reuntuhan gedung . Mobil VW 39 bermesin Porsche tersebut memiliki nomor sasis 1-00003.

Kondisinya yang menyedihkan membuat sebuah restorasi besar dilakukan dan akhirnya seorang kolektor besar membelinya pada tahun 1948 dengan warna abu-abu. Mobil langka ini terakhir terdengar lima tahun lalu saat dimiliki Thomas König dan Oliver Schmidt, pendiri Museum Prototipe Hamburg.

Setelah berada di tangan pendiri museum tersebut, ia menjalani restorasi lanjutan selama tiga tahun untuk kembali ke kondisi aslinya dengan melibatkan para pembuat mobil berpengalaman yang harus berjibaku membuat beberapa komponen dengan tangan atau hand made.

Hasilnya luar biasa. Mobil VW 39 satu-satunya di dunia ini tampil lebih segar, kinclong dan menawan dengan cat terakhir berwarna Nitro Black. Warna yang kisahnya menjadi warna pertama saat ia diluncurkan pada tahun 1939 di gerbang Zuffenhausen. (**/Fajar)

Komentar

Topik Terkait