oleh

Pastikan Tumbangkan Milan, Juve Kejar Rekor Klub Pengunci Gelar

INIKATA.com – Juventus dipastikan bakal meraih scudeto musim 2018/2019. Mereka mengejar rekor sebagai klub pengunci gelar tercepat dalam sejarah Liga Italia.

Mengantongi poin 81, Si Nyonya Tua saat ini hanya butuh dua kemenangan lagi untuk memastikan diri sebagai kampiun Serie A. Dengan poin 87, Juventus tidak mungkin lagi bisa disalip Napoli.

Meski Napoli bisa memenangi semua pertandingan dan juga mengoleksi poin 87 di akhir musim, Bianconeri tetap berhak atas status jawara. Pasalnya mereka unggul head to head atas pasukan Carlo Ancelotti.

Bahkan, kalau Moise Kean dan kawan-kawan bisa mengalahkan AC Milan dinihari nanti. Sementara, Napoli kalah di kandang sendiri saat menjamu Genoa, Juve sudah mengunci gelar akhir pekan ini. Dan itu akan menjadi rekor Serie A.

Di era Serie A dengan 20 tim, belum pernah ada klub yang bisa memenangkan gelar liga dengan tujuh pertandingan tersisa. Malah, jika mereka tidak memastikan gelar dan rekor minggu ini, Juve dapat melakukannya pada akhir pekan berikutnya dengan kemenangan di SPAL.

Sejauh ini, rekor tercepat merengkuh scudetto Serie A dipegang tiga tim yang memenangkan gelar saat liga masih menyisakan lima pertandingan. Roberto Mancini melakukannya bersama Inter Milan pada 2006-2007, lalu Torino pada 1947-1948 dan Fiorentina di musim 1955-1956.

Kalau mampu mewujudkan ini, Juve akan mencatatkan rekor ganda sebab mereka juga akan menjadi tim pertama yang akan meraih scudetto delapan musim berturut-turut. Tak kalah penting, mereka akan punya motivasi berlipat menghadapi Ajax Amsterdam di babak delapan besar Liga Champions.

Skuat Juve Bersemangat Menyongsong Pertandingan Kontra Milan

Tak mengherankan skuat Juve sangat bersemangat menyongsong pertandingan kontra Milan. Kapten Juventus, Giorgio Chiellini menegaskan, delapan gelar berturut-turut sudah di depan mata dan mereka tidak mau menunggu lebih lama. “Ini akan menjadi dua minggu yang sangat penting bagi kita,” tegasnya dikutip dari France 24.

Kondisi Juve sendiri sangat bagus menjelang laga ini. Selain baru saja mengalahkan Udinese, krisis akibat cedera yang melanda juga mulai mereda. Paulo Dybala, Mario Mandzukic dan Leonardo Spinazzola sudah kembali berlatih bersama rekan setimnya kemarin.

Pada saat yang sama, Douglas Costa, Sami Khedira dan Juan Cuadrado juga sudah siap merumput lagi setelah menepi cukup lama. Dengan demikian, tuan rumah hanya akan kehilangan Cristiano Ronaldo, Martin Caceres, dan Andrea Barzagli. Khusus Ronaldo, ia bahkan disebut-sebut bisa mendapat menit bermain kontra Milan.

Rossoneri, julukan Milan yang hanya meraih satu poin di tiga laga terakhir dan kini terancam di empat besar dalam kondisi sebaliknya. Untuk laga ini, kiper Gianluigi Donnarumma akan absen bersama gelandang Lucas Paqueta akibat cedera saat mereka ditahan imbang Udinese di San Siro, tengah pekan lalu.

Namun, terlepas dari problem cedera pilar, Milan yang menargetkan Liga Champions pertamanya setelah enam tahun berharap datang Allianz Stadium untuk menang sekaligus membalas kekalahan 0-2 di pertemuan pertama. “Kami akan pergi ke Turin untuk membawa pulang poin-poin berharga,” kata bek Ignazio Abate kepada Milan TV.

Senada dilontarkan Allenatore Milan, Gennaro Gattuso. Setelah tiga hasil buruk beruntun, ia menegaskan mereka akan mencoba bangkit di Turin. “Kita harus tetap tenang, menemukan kembali kepercayaan diri kita,” tegas Gattuso dikutip dari Sky Sports Italia. (**/Fajar)

Prakiraan Pemain

Juventus (3-5-2): Szczesny; Caceres, Bonucci, Chiellini; De Sciglio, Can, Pjanic, Matuidi, Sandro; Mandzukic, Kean

AC Milan: Reina; Abate, Musacchio, Romagnoli, Laxalt; Bakayoko, Biglia, Calhanoglu; Suso; Piatek, Cutrone

Komentar

Topik Terkait