oleh

Saling Tuding Kasus Pelanggaran HAM, Wiranto dan Kivlan Cekcok Berujung Saling Peluk

INIKATA.com – Sebuah video pertemuan tak disengaja antara dua Jenderal, Wiranto dan Kivlan Zen viral, usai diunggah oleh mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjend (purn) Johannes Suryo Prabowo di akun Twitter @marierteman. Sabtu (6/4/2019)

Keduanya memang dikenal bermusuhan, utamanya dalam perdebatan panjangnya soal peristiwa 1998.

Dalam video itu, Wiranto dan Kivlan tampak cekcok. Bahkan, Kivlan terlihat bersuara keras ke Wiranto yang notabene mantan atasannya di TNI.

Keduanya cekcok seputar kerusuhan 98. Diduga Wiranto mempertanyakan pernyataan Kivlan yang menuduhnya sebagai dalang kerusuhan 1998. Namun, hal itu dibantah oleh Kivlan.

“Abang yang bilang dalang. Bertanggung jawab, bukan dalang. Sebagai panglima, bukan mendalangi,” ucap Kivlan dengan suara keras.

Berikut videonya: cekcok dua jenderal

Tak ingin cekcok dua jenderal purnawirawan itu berlanjut, seorang pria berkacamata langsung menarik Kivlan agar menjauh dari Wiranto.

Namun, Kivlan tiba-tiba langsung berbalik memeluk Wiranto sambil tertawa. Wiranto pun menyambut Kivlan dengan hangat, susana ruangan langsung cair.

Diketahui sebelumnya, kadua Jendral tersebut memang dianggap bertanggung jawab pada kerusuhan 1998, bahkan dengan tegas Komnas HAM menilai apa yang terjadi pada tahun tersebut merupakan pelanggaran HAM berat.

Bahkan sebelumnya, Komisioner Komnas HAM Choirul Anam berharap perdebatan keduanya diselesaikan di ranah hukum dan meminta Kejaksaan memeriksa keduanya, sesuai dengan laporan pelanggaran HAM yang telah dilaporkan Komnas HAM pada Kejaksaan. (**)

Komentar

Topik Terkait